Monday, December 21, 2015

36 bulan si calon kakak

Happy main di playground

Emak pemalaaas... Udah nggak pernah update milestone Alif lagi. Huhuhu... Maafin bunda ya nak, ngeblognya up and down gini... Mana imunisasinya juga masih ada yang belum. Bukan imunisasi wajib sih, tapi kan tetep aja ya. hehehehe... *malah curhat XD

Lalu Alif Milestone-nya gimana?
Well, masih jauh banget deh. Skor KPSP 36 bulannya masih 8 dan banyak pe-er buat emaknya. Soalnya si Alif udah ngerti gadget dan kangmas suka nggak tega kalo anaknya udah minta yutuban. Akhirnya saya kudu kuat hati buat ngumpetin gadget pas siang. No you tube, sesekali boleh liat film di laptop dan tivi pada waktu tertentu dengan ditemenin saya.

Seneng banget bikin macem-macem :)
Motorik kasar alhamdulillah lumayan, cuma pe-ernya Alif masih belum mau ngayuh sepeda. Jadi sepeda entah roda tiga atau roda empat dinaikin dan di ajak jalan, nggak mau ngayuh dia. Kalo lari-lari, lompat-lompat, lempar bola, sampe merangkak di terowongan udah jago. Gimana ya ngajarin biar dia mau mengayuh? Maunya ngayuh kebelakang melulu, ke depan nggak mau.... :((

Stacking, sambil nyebutin warna
Motorik halus masih banyak pe-ernya. Alif udah tertarik sama gunting, tapi masih belum bisa memakainya. Masih kurang luwes jari-jarinya. Tempel-tempel stiker udah bisa walau gambarnya masih jungkir balik. Bikin gambar benang kusut juga udah bisa, tapi yang bentuk-betuk masih belum. Paling-paling bikin gambar nggak jelas sambil cerita ini apa, ada ininya ada itunya. Memasukkan tali sepatu belum mau. Menyocokkan warna dan bentuk sudah bisa. Sobek-sobek kertas sampai kecil sudah bisa. Meronce belum mau. Puzzle belum mau tapi sudah mulai tertarik walau masih perlu bantuan banget. Lego besar sudah jago banget dan hasil buatannya kadang jauh lebih bagus dari buatan saya. Warna-warna sudah faham, sekarang gara-gara you tube malah udah tau kalo kuning itu yewwow (yellow) dan merah itu wed (red). Buka dan pasang sandal jepit dan sepatu clog gitu udah bisa, tapi kalo sepatu yang ada tali atau krek-krekan baru bisa lepasnya aja. 


Perkembangan bahasanya juga lumayan. Kosa katanya udah banyak banget dan kadang saya kaget, anak ini kok bisa bicara ini denger darimana ya? Tapi sejauh ini kalimat-kalimatnya positif dan bikin ketawa malahan. Semoga begitu terus dan nggak terkontaminasi kalimat-kalimat negatif dari anak-anak sekitar. Sudah bisa milih baju, ngerti ini gambar apa, ini bentuk apa. Berhitung 1-10 sudah bisa, one-ten walau cadel dan ngawur pronounciationnya juga udah bisa. Masih ngajarin pelan-pelan biar nggak cadel dan nggak kebolak balik di beberapa kata-kata. Salam dan berdoa juga sudah bisa ngikutin beberapa patah kata walau masih babbling.


Makan sendiri sudah bisa walau masih harus di ingetin pakai tangan kanan. Yes, kelihatannya dominan tangan kiri si Alif. Lebih cepet jago dan lihai yang kiri. Makannya sih masih disuapin dan dikejar-kejar emaknya karena susah sekaliii... Makannya nggak bisa sambil duduk diem, ada aja yang dikerjain. Lagi-lagi, pe-er buat ngedisiplininnya. Toilet training? Jauuuhhh bener. Karena emaknya nggak konsisten dan belum siap mental, anaknya pun ogah-ogahan. Semoga dalam waktu dekat bisa teguh pendirian emaknya. Aamiin...

Lalu lalu apalagi yaaa...
Masih suka masuk ke dalam kardus atau kontainer. Masih suka mainan air, berendam di bak mandi atau kolam yang dari engkongnya dan nggak mau naik. 


Kolokannya juga masih, drama banget deh malah sekarang bentar-bentar nangis dan kalo nangis komplain gitu nggak keluar air matanya tapi ngegereng minta perhatian. Udah faham kalo abah libur minta pergi ke tempat mainan. Nggak bisa ditinggal dan sering minta ikut kemana-mana. Lagi kecanduan sama surprise egg alias mainan telor-teloran. Udah bisa minta mau makan pakai apa, udah bisa milih makanan juga. Kalo lagi super sweet suka nyiumin emaknya, kalo lagi cuek dipanggil aja nggak noleh. Kalo emaknya muntah-muntah sekarang suka usep-usep dan bilang, "dede jangan bikin bunda muntah ya. Bunda jangan sakit yaa..." So sweet.... Suka minta ikut kerja cari uang sama abah. Udah bisa dimintain tolong ambil ini itu, bisa diajak beresin mainannya dan bisa diajak milih, mau ini apa itu. Kalo mau itu ini dulu ya, dan sejenisnya. Kadang ngerti kalo diminta pinjemin mainan atau gantian, tapi seringnya mah medit beneerr... Masih masa-masanya medit kali ya.... ~~'


oiya, imajinasinya juga lagi banyak-banyaknya nih.. Pernah naro guling dipinggiran kasur, lalu bilang ini tangga pesawat. Alif mau naik pesawat. Nguuuunggg... Pesawatnya terbang. Kalo di kursi teras bilangnya Alif lagi mau naik bis. Kadang bilang Alif mau mamam di pesawat. Lalu mainan kereta / untanya di tarik jauh-jauh dan Alif lari dengan heboh seolah-olah Alif lagi di kejar-kejar. Tadi sore lagi di teras main bubble tiba-tiba masuk dan nutup pintu pelan-pelan. Katanya, Alif naik lift dulu ya bunda.. Eaaaaa.... :)))

Alif ingatannya juga kuat. Ingat rumah nek ii, mbah zuh, inget sama yangti yangkung anty caci om nevit om api... Inget kalo dijanjiin mau jalan-jalan, dijanjiin mau main ini itu. Kadang emaknya lupa tapi anaknya inget banget. Terus sudah bisa diajak bantuin beresin mainannya. Kalau lagi nggak moody bisa di kasih tau, kalau mau main yang lain ini diberesin dulu. Lucunya, kalo dia ngeberesin mainan sendiri tanpa bantuan selalu laporan. "Abah abis ainan diberescin lagi ya sama Aip"..

sampe ke kaki gambarnya :)))

Kalo lagi manis duh, maniiis banget. Ingetin dan bawain plastik buat saya muntah. Kasihin saya kayu putih. Ndesel-ndesel lucu. Tapi Kalo lagi dateng kolokannya, emaknya seperti dibikin bertanduk 10. However, we still love you, kiddo... Kok tiba-tiba bayi kecil ini udah gede, udah 15 kilo, tingginya juga sedikit menjulang dibanding yang sepantar. Padahal kalo inget lahirnya, duh gusti... Sedih banget. Alhamdulillah masa-masa itu sudah berlalu. Semoga Alif selalu mau belajar dan mau menjadi lebih baik lagi.. Aamiin..

0 comments:

Post a Comment