Sunday, March 15, 2015

Cara Membuat Air Tajin menggunakan Rice Cooker

Ada yang tau air tajin? 

Kalo ibu-ibu jaman baheula mah nggak ada yang nggak tau sama air tajin ya. Dulu air tajin digarang-garang sebagai pengganti asi, ataupun sufor versi ekonomis. Cukup dengan memasak nasi, air tajinpun didapat. Mama saya, termasuk orang jaman baheula yang percaya air tajin bisa untuk menggantikan sufor dan penuh dengan kandungan vitamin layaknya vitamin yang terdapat pada beras (padahal sebenarnya tidak). Setelah Alif berusia 4 bulan mama saya sedikit memaksa agar Alif diberikan Mpasi dan tambahan air tajin. Tapi dengan berbagai nego, penjelasan ini itu termasuk menjabarkan tentang kandungan air tajin plus berbagai hal negatif akibat Mpasi dini, maka mama berusaha nrimo dengan keputusan saya yang keras kepala sekali untuk memberikan Alif Mpasi di usia 6 bulan. Well, kadang mama saya jail, menjelang Alif 6 bulan bibirnya suka dilepetin air tajin. Errrrrr.... Yasudahlah ya :(( Setelah Alif Mpasi, saya mulai mengenalkan air tajin sebagai alternatif cairan selain air putih dan jus buah, awalnya sesendok dua sendok. Seiring pertambahan usia, makin banyak yang diminum. (Buat saya) nggak masalah, selama makanan, sayur buah, air putih dan asinya cukup, air tajin hanya bersifat rekreasional, dan sarana nabung pahala dengan menyenangkan mama saya :)

Ketika Alif sakit (sampe dirawat segala), dan nggak mau makan sama sekali kecuali nyusu, air tajin buat saya merupakan sedikit penyelamat. Karena Alif masih mau minum air tajin sedikit-sedikit, jus buah dan lain-lainnya sukses dilepeh, disembur, atau nangis ngamuk dan dikunci rapat-rapat mulutnya. At least, masih ada cairan yang mengandung karbohidrat yang masuk ke perutnya, bukan hanya asi. Berdasarkan artikel-artikel yang saya baca, air tajin merupakan salah satu alternatif asupan cairan untuk anak yang mengalami diare (selain air putih, oralit dan jus buah), agar meminimalisir terjadinya dehidrasi.  Sampe usia 27 bulan ini Alif sesekali masih mau minum air tajin. Air tajin yang Alif suka yang original, tanpa tambahan apa-apa. Kalo menurut cerita mama, saya dulu suka air tajin yang dicampur madu atau sufor, makanya dulu saya ipel-ipel banget ~~' (yaiyalaaah.... karbonya tinggi, dicampur sufor pulak :))))

Beberapa dekade yang lalu (saking lamanya dan saya udah lupa), di grup Alas putri 2002 ada yang nanya gimana cara membuat air tajin menggunakan rice cooker atau magicom, karena kalo jaman dulu kan bikin air tajin dengan cara mengaron beras atau meliwet. Sounds rempong ya mak kalo kudu ngeliwet atau ngaron demi seteguk air tajin. Hari gini berapa banyak sih emak-emak yang masih punya dandang buat ngeliwet dan ngukus nasi aron? Nah... Mumpung lagi iseng, berikut tutorial cara membuat air tajin pakai rice cooker / magicom yang diajarkan dengan penuh cinta oleh mama.

Ki-Ka : Gelas, Saringan Kawat, Centong, Sendok Sayur
Bahan dan Alat :
- Beras yang sudah dicuci
- Air untuk memasak nasi sesuai takaran
- Air secukupnya
-  Panci
- Gelas besar, bisa berbahan kaca atau kaleng, asal jangan plastik
- Saringan kawat
- Centong
- Sendok sayur

Cara :
1. Masak air di dalam panci hingga mendidih
2. Masak beras seperti biasa di rice cooker / magicom
3. Tunggu hingga air di dalam rice cooker / magicom mendidih dan meletup-letup
4. Aduk rata beras yang sudah aron tersebut

5 - 6. Segera ambil air tajin menggunakan sendok sayur, tuang ke dalam gelas yang sudah diberi saringan kawat. Lakukan dengan cepat, kalau tidak air akan segera asat. Fungsi saringan adalah untuk menjaga air tajin tidak tercampur beras, karena beras suka ikut terbawa ketika air tajin sedang diambil.

7. Beras yang tertinggal di saringan, dimasukkan kembali ke dalam rice cooker / magicom.

8. Setelah air tajin sudah terkumpul, masukkan air mendidih yang sudah dimasak di dalam panci terpisah (gambar 1) secukupnya ke dalam rice cooker / magicom, tutup rice cooker / magicom dan lanjutkan proses memasak nasi. Takaran air kira-kira, jangan terlalu banyak karena beras sudah setengah tanak. Air tambahan hanya agar nasi tidak menjadi keras kekurangan air. Kalau kebanyakan air, nasi akan menjadi lembek sekali.


Artikel tentang air tajin :
http://www.kesehatanpedia.com/2014/11/manfaat-air-tajin-untuk-bayi.html
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/bayi/tanya.jawab/air.tajin.untuk.bayi/001/006/911/1/1

 Catatan :
- Air di dalam panci sebaiknya di masak menjelang air tajin akan diangkat, kalau dimasak duluan biasanya air dipanci sudah mendidih sedangkan di rice cooker / magicom belum.
- Ketika memasak nasi sampai air tajin di dapat, sebaiknya jangan ditinggal dan tutup rice cooker / magicom dibuka biar ketauan kalau mendidih. Saya kalau ninggal biasanya lupa dan ujug-ujug udah keburu mateng. Hehehe...
- Kekentalan air tajin dapat di atur, kalau ingin yang kental masak beras dengan air sesuai takaran. Tapi kalau ingin yang agak encer dan porsinya banyak, lebihkan takaran air yang dipakai untuk memasak.

Selamat mencoba.... :)

Caution :
- Air tajin hanyalah asupan cairan rekreasional dan alternatif cairan selain air putih, asi, sufor, dan jus buah.
- Jangan berikan air tajin sebagai pengganti air putih.
- Jangan berikan air tajin pada bayi berusia dibawah 6 bulan dengan alasan apapun, pencernaan bayi masih belum cukup kuat untuk menerima asupan cairan selain asi.
- Jangan berikan air tajin sebagai pengganti asi / sufor. Kandungan air tajin amat sangat jauh berbeda dibanding asi / sufor.
- Jangan jadikan air tajin sebagai pengganti karbo / makanan. Bayi / balita tetap butuh asupan makanan yang bergizi dan bervariasi.