Thursday, January 08, 2015

Teriyaki atau masak kecap?

Semalem saya masak teriyaki, gara-gara ada ayam goreng yang udah berhari-hari di kulkas dan bandeng sisa sepotong. Biar pada kemakan dan nggak berakhir di tempat sampah, saya harus pinter-pinter ngeracik lagi jadi makanan yang baru. Akhirnya si ayam dan bandeng disuwir dan dibumbuin teriyaki. Penampakannya nggak sempet difoto penampakannya karena keburu diserbu kangmas yang kelaparan habis futsal.

Saya jadi keinget percakapan saya sama almarhumah enek beberapa tahun lalu saat saya masih jadi penganten baru yang iseng pengen masak buat suami. Enek sambil inspeksi di dapur lihatin saya ngapain aja karena saya kan pemalas dan jarang masak, jadi kalo saya masak nenek pasti pengen tau.

Nenek (N) : "Masak apaan ki?" *sambil lihat-lihat talenan*
Saya (S) : "Ada daging rebus, mau dibumbuin teriyaki aja."
N : "Teriyaki? Apaan tuh? Pake teri masaknya?"
S : "Nggak pake teri, banyakin bawang bombay sama pakein saus teriyaki aja."
N : "Oohh... Masak deh yang enak ntar enek nyobain." *masih lanjut lihat-lihat*

Setelah saya selesai masak dan si teriyaki ditaruh meja, saya minta enek buat nyicipin.

S : "Ini nek, tadi katanya mau nyobain.."
N : *ngelihatin isi mangkok terus ngambil sendok nyicip kuahnya* "Kok manis?"
S : "Iya manis.."
N : "Ini sih daging dikecapin. Susah amat namenye pake teri-terian segala."
S : *nyengir*

Saya kangen sama enek. Kangen denger komentar-komentarnya yang ajaib dan menghibur. Nenek saya memang orang jaman dulu, nggak ngerti apa itu teriyaki, nggak doyan saus tiram, lebih doyan sambel terasi sama ikan asin, jadi denger teriyaki dan nama-nama makanan jaman sekarang suka mengernyit dan suka nggak cocok sama lidahnya. Ketika nenek bilang kayak daging dikecapin, aslinya saya ngerasa jegeg dan pengen ketawa. Emang mirip daging kecap juga sih. Hahahaha.... Lagipula nenek saya nggak doyan manis, masakan manis yang nenek saya suka cuman semur. Itupun harus daging kambing yang suka dimasukin tulang-tulangnya. Jadi wajar aja kalo si teriyaki disebut daging masak kecap sama nenek.

Ah nek... Memang nggak akan ada habisnya cerita dan kenangan tentang enek....