Sunday, November 02, 2014

23 bulan, makin mendekati 24 bulan

Whoosaaahhh.... 
Selamat 23 bulan gantengnya bunda... Makin pinter, makin sholih, makin banyak sabar ya naaakkk... Si Alif ganteng mah makin gede makin nggak sabaran. Kalo dibilang nanti dulu ya, di jawab yaaa..... Tapi abis itu tereak-tereak atau malah nangis. Kadang kalo lagi pinter bener sama emaknya nggak di bolehin kabur ke abahnya, kabur lagi ke neneknya. Pinter banar kan anak ulun? :)

Sebulan lagi mau disapih, seperti yang saya keluhkan kemarin-kemarin, malah tambah kenceng nyusunya. Tiada akhir, bahkan tidur siang aja malah ngempeng dan nggak bisa di tinggal. Kalo minta nyusu udah kayak orang sakau, nggak bisa di pending atau di alihin, harus saat itu juga. Kalo nggak di turutin mulai dari narik-narik baju, ngelongokin, ngerengek, ngamuk, sampe nangis sediiihhh dengan air mata bercucuran sambil bilang "mimiiii.... ndaaaa... mimiiiiii....". Terus kalo emaknya nggak keliatan sebentar aja langsung muterin rumah nyariin sambil tereak-tereak. Kalo mau di gendong kemana gitu sama orang lain dan dia nggak mau malah nangis terus panggil-panggil ndaaa ndaaa. Makin gede makin nempel dan kolokan. Emaknya harus bagaimana iniiiii..... Huhuhuhu.... T_T

Kalo makan mulai milih-milih. Mau ayaammm, tahu, telor, kangkung, wortel, pokoknya milih. Giliran yang dipilih nggak ada tetep aja nggak ngerti dibilangin. Malah lepeh-lepeh makanan dan nggak mau makan lalu ngemil doang kerjaannya. Atau maunya nyeruput kuah sayur doang, nasi sama sayurnya dibejek-bejek. Kalo makan telor rebus mau putihnya doang. Tapi alhamdulillaah udah tambah pinter, udah bisa ngupas kulit telor sendiri sampe bersih. Gayanya kayak orang gede, telornya di ketok-ketok ke ubin lalu khusyu ngupas dikit-dikit sambil dimakanin. Kalo udah bosen dibejek, ditebalikin, terus ditinggalin. Tetep ya endingnya nggak enak. Hahahaha.... Terus kalo makan mie, nggak mau di suapin. Maunya makan sendiri. Di ambilin mienya selembar-selembar lalu dimasukin ke mulutnya. Sekarang juga udah nggak mau duduk di highchair, maunya duduk di kursi orang dewasa terus makan sendiri. Kadang pake tangan, kadang pake sendok. Bilang sendok itu adokkk. Pernah kan pas mau makan dia bilang adoookk adookkk. Nggak ada yang ngerti. Lalu saya bilang kalo saya nggak ngerti, Alif mau apa coba tunjuk. Lalu dia malah kabur, manjat kursi, naik ke meja makan lalu ngambil sendok sambil bilang addook. Anak cerdas, emaknya lemot :D

Perkembangan bahasanya alhamdulillah dikit-dikit meningkat. Kosakatanya makin banyak walau masih sepotong-sepotong, tapi alhamdulillah ngerti kalo diminta ini itu dan dijelasin ini itu. Lagi sering niruin kata-kata walau lagi-lagi masih sepotong-sepotong dan lagi seneng bilang gada alias nggak ada. Apa-apa kalo ditanyain bilangnya gada. Udah bisa bilang nenek dan ndaa.. Sebelumnya kan ninik dan uda atau ada.. Terus seneng banget lihat video lagu anak-anak di tivi. Senengnya lalu bangun tidur, naik kereta, topi saya bundar, naik delman. Kalo lagi khusyu', nontonnya sambil naik mobil-mobilan lalu di tiruin kata-katanya. Lucu deh lihatinnya, walau nggak bisa anteng lama juga ~~

Motorik halus, selain bisa ngupas telur, udah makin terampil makan sendiri pakai sendok. Sudah bisa ngambil kuah tanpa tumpah. Walau masih lebih sering make tangan kiri. Tangan dan jarinya udah bisa ngebentuk kalo bilang satu. Udah bisa dan nyampe buat buka pintu kamar mama. Udah bisa masukin kunci ke pintu / motor, lalu motornya di starter. Udah bisa buka pintu kulkas sesekali. Makin jago buka dan nurunin celana lalu ngelepas diapersnya sendiri. Ampun banget deh kalo yang ini, semacam hobi. Kayaknya seneng dia ngeliat emaknya tereak-tereak, ketawa-ketawa puas dia. Hhhhh....

Motorik kasar, udah bisa naik turun tangga sendiri sambil pegangan / saya pengangin sebelah tangan. Seringnya sih nggak mau dipegangin dan tangan saya di tepis. Tapi tetep saya jagain, bahaya banget soalnya. Udah bisa nendang bola, lempar bola, bolak balik belokin mobil. Cuman belum mau ngegowes sepeda aja. Udah bisa banget di suruh nginjek-nginjekin punggung emaknya. Kata abahnya sola injek-injek punggung, eksploitasi anak. Hahahaha....

Lagi seneng banget minta gendong belakang. Seneng nyuruh tiup-tiup balon sama mandi bola di dalam bak. Lalu kalo mandi berendem nggak mau naik, seneng banget main air. Kemain di ajak ke Timezone, mainin satu mainan yang ada setirnya, nggak mau turun. Dia ajak pulang nangis goer-goer di emol. Terus apa-apa kalo minta atau dikasih maunya duaa... duaaa... Lagi hobi banget bilang dua. Aungnya duaaa.. Kerupuk mau duaaa. Sampe mimi dibilangnya duaa duaaa.. Eaaa..... :))))

Ingatannya Alif juga kuat banget. Inget dimana saya naro remote, dimana tempat handuknya, urutan neneknya pakai mukena, inget kalo mau bikin jus harus ambil blender dan selalu nunjuk blender ditempat yang benar. Oiya, giginya udah nambah lagi satu, gigi seri bawah yang kedua sebelah kanan. Alhamdulilaah, nggak cuman dua biji aja tuh gigi seri bawah. Lha gerahamnya udah numbuh yang lainnya masih belum. Lalu saya iseng test kpsp 24 bulan, alhamdulilaah skornya 9. Semoga nanti pas 24 bulan skornya udah 10. Aamiin... Semoga emaknya makin rajin kasih stimulus dan ngajarin hal yang baik-baik. Aamiin...

Sekian milestone di 23 bulan ini... Semoga makin banyak perkembangan di satu bulan ke depan. Aamiin...

0 comments:

Post a Comment