Monday, June 02, 2014

18 bulan, 1,5 tahun...

Selamat ulang bulan ke 18 gantengnya bunda yang sholih... Semoga menjadi anka berbakti, qurrata a'yun dan sholih...

Nggak kerasa udah 1,5 tahun Alif hadir dalam kehidupan kami.. Melihat perkembangannya yang subhanallah, suka nggak kebayang kalo inget lahirnya yang mungil dan perjuangannya untuk survive yang luar biasa. Alhamdulillaah Alif sehat wal afiat, pinter, aktif, dan ngegemesin bangeeettt.... *ini kata emaknya sih. Hahahaha...*

Perkembangan Alif di bulan ke 18 ini, untuk pertama kalinya skor kpsp-nya sempurna 10. Biasanya skornya 8, 9, nggak pernah langsung 10. Alhamdulillah ya Allah, artinya Alif perkembangannya sesuai dan nggak tertinggal walaupun prematur.. Berat dan tingginya masih belum update ya, baru weekend ini kontrol ke Dsa sekalian imunisasi dpt+hib+polio lagi...

Selain  skor kpsp, di usia ke 18 bulan ini Alif udah bisa naik ke tempat tidur mama sendiri tanpa bantuan. Jadi, tempat tidur mama itu kan tempat tidur jadul yang besi itu, lumayan tinggi dan Alif belum nyampe buat bisa manjat dan naik sendiri. Tapi kemudian ada aja akal pintarnya, di kamar mama ada bangku plastik peranti sandaran kaki gitu, nah bangku plastiknya di dorong dideketin ke tempat tidur, lalu Alif naik ke bangku plastik baru naik lagi ke tempat tidur. Turunnya juga gitu. Nggak ada yang ngajarin loh. Ujug-ujug bisa sendiri. Saya dan neneknya sampe terpukau. 

Alif juga udah ngerti dimana harus buang sampah. Paling seneng dia kalo disuruh taro sesuatu ke tempat sampah. Langsung menuju ke tempat sampah yang ada di kamar dan dibuang. Walau baru ngerti tempat sampah yang di kamar, belum yang diluar, tapi buat saya, perkembangan yang luar biasa. Mungkin gara-gara awalnya Alif suka mainin buka tutup tempat sampah, saya suka ngomel kalo ini kotor, ini tempatnya buat buang samapah, ini bukan mainan, tapi tetep aja dimainin. Ya namanya bocah ya. Suatu waktu, habis bersihin giginya Alif kasa kotornya nggak jatuh pas di tempat sampah. Langsung deh ngambil kasa kotornya dan dimasukin ke tempat sampah. Berbunga-bunga hati saya. Sejak itu kalo ada apa gitu saya bilang ini kotor nak, taro di tempat sampah ya. Langsung deh menuju tkp dan di buang. Biarpun lagi diluar, diminta buang apa gitu sama neneknya tetep larinya ke kamar dan tempat sampah yang di dalam kamar. Hihihi... Nggak apa-apa, bertahap ya nak...

Selain tempat sampah, udah ngerti juga dimana tempat baju kotor dan tempat handuk. Jadi kalo diminta taro handuk, langsung meluncur ke rak handuk. Kalo dibilang ini baju kotor, taro dimana bajunya? Langsung di taro bajunya ke tempat baju kotor. Tempat baju kotor sebenernya ada dua, punya saya dan kangmas sama punya Alif. Awalnya Alif cuma ngerti yang punya saya dan kangmas, malah kalo ada baju yang keluar-keluar dimasukin semua sama Alif ke dalem. Sekarang udah ngeti mana tempat baju bunda-abah, mana tempat baju Alif.

Mengenai rasa ingin tahu, sekarang semua-mua ditunjuk dan ditanyain. Gambar di sarung bantal, laptop, buku crita, ditunjuk-tunjuk. Yang terbaru lagi demen nunjuk-nunjuk layangan putus yang nyangkut di kabel listrik. Pernah ada layangan putus Alif minta ambilin, udah saya ambilin malah di robekin. Pingin siy beliin layangan, tapi ntaran lah. Minta sama omnya aja. Hahahaha....

Soal gambar-gambar di buku, Alif sudah hapal beberapa macam lho. Sebelumnya kan asal tunjuk aja. Sekarang sudah tau mana gambar kentang, jeruk, cabe, wortel, jagung, toge. Kalo saya bilang cabe, pasti langsung bilang hahhh hahhh, artinya pedes. Gara-garanya saya juga sih, Alif tuh suka bener kan megangin tempat bumbu, sedangkan tempat bumbu tuh ada cabenya. Kalo abis itu ngucek mata gimana? Jadi saya bilang, ada cabenya nak, pedes, ssshhhaaahh... Lama-lama kok ya ditiruin. Terus kalo ada rasa aneh dikit dimakanannya suka hhahh hahhh... Padahal sih nggak pedes. Ada-ada aja si Alif :D

Kalo perkembangan bahasanya, masih so-so dan belum ada yang signifikan. Lagi seneng manggil baahhh... abaaaahhh... Semua orang di panggil abaaahhh.... Belum manggil bunda nih... T_T Masih suka babbling petttcepeeetcepetttt... Masih suka bilang lap, sama hap. Kalo laper bilang mam. Kalo saya bilang jagung, ditiruinnya ggunng. Kalo kangkung, gggagung. Kalo saya bilang go go go, ikutan bilang ggu ggu ggu. Masih belum jelas dan kalo nunjuk-nunjuk masih dengan eehh ehhh uuhh uuhhh... Lagi-lgi, saya nggak terlalu khawatir. Alif belum mau aja, buktinya Alif ngerti disuruh ini disuruh itu dikasih tau ini dilarang itu ngerti. Alhamdulillaah... Palingan sebentar lagi juga udah tambah banyak kosakatanya dan makin bawel ya nak... :)

Belakangan ini Alif lagi sukaaa banget lihat video. Bukan video film, atau apa gitu, tapi video dirinya sendiri. Kalo udah ngeliat tuh khusyuk banget deh. Dan kalo udah minta lihat video, nggak mau ditolak. Jadi hp sering saya umpetin, soalnya nggak mau berenti dia lihat video, di pencet-pencet sendiri dan di ulang-ulang terus. Kalo diganti video lain nggak mau. Minta videonya sendiri. Di laptop dikasi kartun dikeplak-keplak leptopnya, disetelin videonya anteng duduk manis rada lamaan dikit. Emang sih anak seumuran Alif lagi seneng-senengnya ngaca, lihat pantulan diri sendiri di kaca. Di video kan lihat pantulan diri sendiri juga ya. Cuman kalo ngelihat Alif lagi nyukneng gitu, rasanya perlu sedikit dibatasi deh. Hehehehe..... 

Daaannn.... Seperti yang saya ceritain disini, Alif udah mau makan sendiri dan duduk anteng selama makan. Perkembangan yang amat sangat luar biasa sekali. Alhmadulillaahh.... Walaupun masih banyak yang kebuang, masih sering pakai tangan kiri, masih belum gape make sendok, masih nebalikin piring kalo udah bosen dan kenyang lalu teriak-teika minta turun high chair, tetep alhamdulillah. Alif juga udah mulai tertarik mandi sendiri, mulai ambil gayung, diisi ai dan disiram-siramin sendiri ke badannya. Tapi kayaknya masih sebatas itu aja, belum ngerti kalo mandi itu apa dan gimana.

Satu lagi, Alif demen bener main air. Kalo itu mah nggak cuma Alif, emak bapaknya juga demen. Hehehe... Jadi si abah kalo nyuci motor selalu ajak Alif, maka Alif akan heboh nebalikin bak, semprot-semprot, kucur sana sini, main kubangan air, dan lain sebagainya. Plus, sekarang udah nggak bisa ajak Alif kebelakang buat temenin lipetin cucian. Udah pinter banget kabur dia, lari ke tempat nyuci, dan mainin keran buka tutup sampe basah kuyup. Ampun dehhh... Nambah satu lagi pe-er saya kalo Alif tidur. Abisan pinter dan aktif bangeeettt... Nggak bisa disambi kalo Alifnya nggak tidur..

Hummmm......
Kayaknya segitu dulu ya milestonenya Alif di 18 bulan ini. In sya Allah nggak ada yang kelewat ya, kalo ada yang kelewat nanti di update kok... :)

0 comments:

Post a Comment