Thursday, May 15, 2014

Cara Melipat Plastik Kresek

The Messy Kresek. Abaikan Merknya, nggak endorse Merk loh.

I'm in the mood for blogging, so i wanna post and share an important thing with you. Nyahahahaha... Gaya bener sih sok enggris. Lagian kayak mau bagi-bagi hal penting aja sih. Padahal cuman mau ngasi tau cara ngelipet kantong kresek jadi segitiga biar gampang disimpen. Secara hari gini kalo groceries atau ke mart gitu kasir ngasi kreseknya ga kira-kira dan bikin penuh dapur. Daripada berantakan dan kebuang sia-sia sedangkan bumi perlu diselamatkan, lebih baik rapikan kresek-kresek tersebut agar mudah disimpan dan bisa dipake lagi. Lebih baik lagi sih kalo bawa tas sendiri dari rumah jadi mengurangi penggunaan plastik :)

Awal mulanya gini....
Jadi.. Kira-kira pas kelas 2 mts saya sekamar sama seorang sahabat bernama Wayan. Dia ini yang ngajarin saya ngelipet kresek jadi rapi. Sebelumnya kalo ada kresek ya asal saya lipet aja, tapi jadinya nggak rapi dan suka megar-megar gitu. Dengan dilipet segitiga gini ngaturnya gampang dan nggak megar lagi. Pas lagi pulang dan liburan di rumah, nenek saya ngeliatin saya yang lagi khusyu' ngelipet-lipet kresek. Terus nenek nanya caranya gimana. Saya ajarin dunk, secara nenek demen banget ngumpulin kresek. Biasanya kresek-kresek kalo abis dilipet suka diiket karet lagi sama nenek biat nggak megar. Tapi setelah saya ajarin, semua plastik dilipet segitiga sama nenek. Kadang nenek ngelakuinnya sambil nonton tipi atau sambil iseng di teras. Penyimpanan plastik jauh lebih rapi. Mama saya juga saya ajarin. Kalo kresek yang kekumpul udah banyak, mama suka ngasi ke tukang sayur. Lumayan kan buat mereka dagang daripadi beli plastik lagi. Go green dikitlah dengan reuse. Hehehe... 

Nah karena saya merasa melipat kresek adalah hal penting demi kerapihan dapur kayak dapunya rapi aje, maka saya pingin share disini. Mumpung abis groceries jadi ada kresek plus lagi mood edit foto. Semoga bisa membantu kalian yang selama ini rempong sama kresek ya. 

Eniwei, Wayan... Pahalamu besar sekali, ilmu ngelipet kresek menyebar hingga mama saya.. ~^O^~
Dan Wayan bukan orang Bali pemirsa. Wayan merupan nama pemberian teman- teman saya yang merupakan gabungan nama asli yang bersangkutan. Kreatif sekali bukan teman-teman saya? Suatu waktu nanti saya mau cerita tentang nama-nama panggilan teman-teman saya jaman di pondok dulu. Sekarang tutorial kreseknya dulu yaaa....



1. Pisahkan kresek berdasarkan ukuran dan rapikan lipatan-lipatannya hingga nggak ada keriting bekas dipakai.



2. Lipat dua kresek dengan rapi.
3 - 4. Lipat lagi hingga bentuknya jadi memanjang seperti pada gambar.


 5 - 6. Ambil ujung kresek bagian bawah, tekuk ke arah dalam dan lipat hingga menjadi segitiga.
7. Tekuk kresek tepat di garis bawah segitiga pertama.
8. Lipat dengan rapi seperti pada gambar
9. Ambil kresek pada bagian segitiga, tekuk mengikuti garis miring pada segitiga.
10. Lipat dengan rapi hingga terlihat seperti pada gambar.
11 - 12. Tekuk dan lipat kresek tepat pada garis bawah segitiga. 


13. Lanjutkan terus melipat kresek hingga tersisa sedikit di ujung kresek seperti pada gambar.
14. Tekuk menjadi segitiga ujung kresek sebelah garis miring dan lipat.
15. Hasil setelah ujung kresek dilipat segitiga kecil.
16. Tekuk mengikuti garis batas.
17. Selipkan / masukkan tekukan segitiga jecil tadi kedalam lipatan yanf sedikit dibuka.
19. Rapikan lipatannya, aaand... you're done

Kresek berubah menjadi segitiga kecil yang mudah disimpan dan nggak bikin betantakan. Satukan dengan kresek yang sama ukurannya supaya nggak rancu dan lebih rapi. 

Selamat mencoba dan semoga nggak bingung :)

4 comments:

Mohammad Ilham Himawan said...

Wah... Sangat Bermanfaat.. Tambah gampang kalau ada gambarnya...

Moh Rolland Lalaki said...

Alhamdulillah jadi tau sekarang, mau tanya ibu saya..keburu meninggal.. terimakasih Suhu

Unknown said...

Sangat bermanfaat... Terina kasih

Muhammad Wahyu said...

Mantapp gann

Post a Comment