Monday, December 30, 2013

Turning 1

Alif, tepat satu tahun
 Alif sudah besar, sudah setahun usianya.. Rasanya baru kemarin bawa-bawa perut buncit kemana-kemana, baru kemarin nahan ngilu abis operasi, nangis-nangis dan nggak berenti doa karena kondisi post natal Alif yang kurang baik, sekarang alhamdulillah anaknya udah setahun. Alhamdulillaah Allah kasih Alif sehat wal afiat, aktif luar biasa, pintar, cerdas, dan insya Allah sholih juga qurrata a'yun. Aamiin..

Milestone Alif di usia yang hampir 13 bulan ini cukup baik. Skor KPSP 12 memang belum 10, baru 9. Pe-er emaknya buat kasih stimulus yang lebih lagi mengingat Alif anaknya moody. Tapi perkembangannya subhanallah, ada aja kepinterannya tiap hari. Kalo nggak sengaja ada yang ngebandingin sama anak sepantaran Alif, si A udah bisa gini si B udah bisa gitu, si C beratnya segini. Hellooo.... Anak saya lahir prematur, masih ada yang namanya usia koreksi. Dan sejauh ini melihat dia tumbuh besar, sehat, dan perkembangannya pun cukup pesat, saya sudah bersyukur banget. Tau deh anak situ pinter cerdas, tapi situ nggak tau kan anak saya juga cerdas dan pinter dalam satu dan lain hal, situ aja nggak tau >.<

Ya maaf kalo saya sensi, but seriously, saya aja yang ibunya mati-matian nahan diri nggak ngebandingin dengan anak lain walaupun pernah sekali dua kali kecolongan ngebadingin gara-gara galau, karena biar gimana anak kan beda-beda. Kakak adik aja kepintaran dan kebisaannya beda-beda, apalagi yang lain... Alhamdulillah keluarga selalu support dan membesarkan hati kalau Alif masih belum bisa ini masi baru bisa itu. Kalo saya amati, Alif tipikal anak yang nggak mau dipaksa. Walaupun dia udah bisa ngelakuin, tapi kalo dia nggak mau ya nggak akan dilakuin, walaupun di stimulasi, Dia akan ngelakuin kalo memang dia udah mau ngelakuinnya. Contohnya, merangkak. Saya tau dia tuh sebenernya udah bisa, cuman belum mau aja. Onggong-onggong mulu. Saya kasi mainan, saya panggil-panggil, cuek aja tuh dia. Suatu saat, tiba-tiba dia udah merangkang sendiri. See...He's different.

Baiklah, sekian curhatannya... Saya mau review milestonenya sejak delapan bulan aja kali ya, soalnya review terakhir kan pas udah hampir 8 bulan ya..

Usia 8 bulan, Alif beratnya 9,3 kg dan panjang 72,5 cm. Udah mulai duduk sendiri tapi masih belum seimbang, masih suka jomplang ke depan atau kebelakang. Lagi seneng-senengnya guling-guling. Tambah aktif banget dan perlu ekstra pengawasan. Alif juga cek darah lagi, mengingat Hb-nya rendah. Dan bad news, Hb masih dibawah normal. Alif harus minum vitamin zat besi 3 kali sehari, 1,2 ml. Perjuangan bangeeet, Alif nggak suka dan udah mulai bosan. Jadi sering nggak ditelan dan nguji kesabaran saya. Di usia ke 8 bulan ini alif pertama kali mudik ke Mojokerto. Di airport Alif anteng dan pinter, tapi pas di pesawat berangkat agak sedikit rewel. Di Mojokerto Alif seneng banget bisa ketemu om, tante, yangti, yangkung, dan saudara-saudara yang lain. Tapi terus Alif sakit, panas badannya. Kayaknya kecapekan, dan ketularan batuk pilek. Makannya jadi agak susah. Pas pulang dipesawat Alif reweeel banget. Abahnya sampe harus gendong berdiri kayak naik Busway gitu. Pas udah di Jakarta lagi, masih panas juga plus batuk pilek nggak sembuh-sembuh. Ke dokter sampe dua kali, ternyata radang. Sedihnya, kalo sakit Alif itu nggak mau makan sama sekali. Mengurus deh jadinya. Di akhir usia 8 bulan beratnya udah 9,8 kg, karena sakit jadi turun ke 9,4 kg. Alhamdulillah setelah sembuh Alif mulai selera makan lagi. Tapi kali ini mulai yang namanya GMM dan GTM. Nanti di posting terpisah deh soal MPasinya Alif.

Usia 9 bulan, alhamdulillah beratnya naik lagi. Pulang modal tapi, jadi 9,8 kg lagi. Panjangnya 75,5 cm. Udah bisa duduk sendiri dengan ajeg. Udah mulai onggong-onggong, tapi masih belum mau merangkak, walau udah dipancing sama ini itu. Paling diliatin doang, abis itu balik lagi posisi duduk atau tengkurep. Eaaaa.... Bikin geregetan emaknya. Semua orang bilang Alif mungkin nggak merangkak tapi langsung jalan. Tapi saya kok yakinnya Alif bakalan merangkak. Biarpun masih onggong-onggong, tapi Alif udah mulai mau berdiri dan meraih apa yang bisa dipake buat pegangan. Di box, udah mulai pegangan pinggiran box dan pasang ancang-ancang mau berdiri walau hasilnya masi gujlak-gujlak nongolin kepala doang. Saya mulai parno ninggalin dia di box sendiri, lah kalo kejunggkal pegimane? Akhirnya Box yang setengahnya saya ambil dan turunin, jadi saya lebih lega dan tenang. hasilnya, makin semangat ngeraih pinggiran box dan usaha mau berdiri. Oalah nak, merangkak aja belum mau tapi udah minta berdiri... ~~'

Usia 10 bulan, beratnya cuma naik 200 garam, jadi 10,01 kg dan panjang 76cm. Makannya lagi susah banget, dan karena Alif sakit lagi. Seperti yang saya ceritain disini dan disini, Alif kejang demam terus harus dirawat di RS. Nggak mau makan sama sekali, nasi sekalipun. Biasanya masih mau makan nasi putih. Alhamdulillah setelah sakitnya mendingan, Alif tetep aktif. Di box rumah sakit tetep mau dipanjatin sama dia. Pas kontrol pasca opname, beratnya alhamdulillah naik lagi jadi 10,5 kg. Alif juga mulai merangkang di usia 10 bulan ini. Yaaa... 10,5 bulan lebih lah.. Awalnya cuman ngelangkah satu dua dan masi belum seimbang gerakan kaki kanan-kiri ketika merangkak. Kaki kiri masih cenderung diseret dan yang aktif bergerak kaki kanan. Tapi syukur aahamdulillaah, lama-lama lancar juga merangkaknya. Saya seneeeng banget :')

Usia 11 bulan, nggak kontrol ke dokter, jadi nggak tau berapa berat dan panjangnya. Hehehe... Tapi nggak lama setelah bisa merangkak, Alif mulai berdiri pegangan dan merambat. Awalnya masih malu-malu dan takut-takut, tapi lama-lama jadi beringasan dia. Semua barang yang kejangkau sama tangannya di ambil terus dibuang-buangin. Meja tamu semua udah bersih nggak ada toples. Di ambil dan dibuangin sama dia. Hobiiiii banget lempar-lempar mainan, makanan, barang apapun. Buffet rias saya kosong, semua dibuang kebawah sama alif. rak buku nggak luput dari tangan keatif Alif. Amazing banget anak ini. Dan makin nggak bisa diem. Makin nggak bisa di tinggal sendirian karena setelah lancar merambat Alif mulai manjat ke kursi, ke meja, kemana-mana. Alif juga udah ngerti mana bunda, mana abah, mana ene', mana om. Udah bisa ngerajuk kalo di tinggal. Udah bisa ngeh sama orang yang baru dikenal. Udah ngenalin orang sih intinya. Sayangnya Alif mulai susah makan. Beneran susah kali ini. Dengan aktivitas ang luar biasa tapi asupan sedkit, makin mengurus deh. Hikss... Emaknya galaaauuuu...

Usia 12 bulan, beratnya 10,8 kg dan panjang 81cm. Dua bulan cuma naik 300 gram. Huaaaa.... *nangis di pojokan* Tapi emang Alif tinggi banget. Karena dia belum bisa jalan, jadi kan di ukur pake ukuran kayak penggaris gitu ya. Udah nggak cukup mak ukurannya. Hahahaha... 12 bulan Alif udah bisa manjat naikin kursi pink sendiri. Udah bisa main masukin bola ke tempatnya. Udah bisa main masukin menara donat walau belum ngerti urutannya dan kalo nggak sabar terus nggak masuk-masuk dilempar sama dia. Hahahaha... Udah gitu Alif udah ngerti kalo mau di foto atau di rekam. Sadar kamera bener dia. Lagi nangis aja saya rekam berenti nangisnya. Pas moodnya baik saya foto saya minta ketawa eh ketawa beneran loh dia. Hihihi... Virus narsis saya kayaknya menurun dengan sanga cepat ini ke Alif. Terus sedikit-sedikit udah mau di titah walau cuma 2 langkah terus ngedeleprok dan merangkak lagi. Merangkaknya cepeeet banget. Tau-tau udah sampe dapur, udah sampe kamar. Dan tangannya udah sampe ngejangkau meja makan. Usaha loh dia ngeraih macem-macem di meja sampe jingke'-jingke'. Pernah ya saya tinggal bentar udah basah aja dia ketumpahan air tajin. Jadi dia berdiri mau ambil tajin di gelas. karena belum bisa jadi airnya tumpah kena Alif. Udah gitu tetep usaha minum sendiri dari gelas yang udah nggak ada isinya itu. Pas sadar nggak ada isinya malah ngepel air tajin yang di ubin pake tangan dan kakinya abis itu tengkurep main buaya-buayaan. Pinteeeerrr banget anak bundaaa...

Dan kira-kira semingguan yang lalu, Alif udah bisa turun tempat tidur sendiri, diajarin sama abahnya. Kalo buat naik ke tempt tidur kadang masih belum berhasil, tapi turunnya udah gape banget. Dan udah mau di titah dengan jarak jauh. Dari kamar ke ruang tamu, ke teras. Terus mulai gaya bener kalo berdiri cuman pegangan tangan sebelah. Masih belum seimbang sih, masig suka ngejeblak. Dan Alif tuh kalo naro pantat seenak-enaknya aja. Saya mah takut ya kalo dia main gedubrak, jatuhin pantat atau apa kena tulang ekornya. Ini mah cuek aja anaknya. Makin besar, makin pintar, makin banyak tandanya si Alif ini. "Tanda-tanda kepintarannya". Udah pernah benjol dua kali sampe biru jidatnya, udah baret-baret, dan sekarang lagi memar dagunya sama tulang keringnya karena sering kepentok pas usaha manjat-manjat. Kalo soal bicara, kemarin ditanyain sama dokter pas kontrol, Alif masih babbling babbling aja. Belum ada kata yang berarti dan belum mau niruin kalo saya ajak mainan kata. tapi udah ngerti beberapa kata. Misalnya saya bilang mata, udah genit dia kedip-kedip. Kalo saya bilang halooo tangganya langsung ditaruh telinga kayak lagi telepon. Kalo berdoa, tangannya langsung gaya berdoa. Kalo saya kasih makanan dan saya bilang tangan kanan, di ambil pake tangan kanan. Balik lagi, saya rasa Alif cuma belum mau. Pe er saya lagi, kasih stimulus sebanyak-banyaknya. Susah bener dia sekarang di dongengin. Nggak bisa diem. Dan maunya robek-robek buku. Resiko ya mak punya anak cerdas dan aktif. Hihihihi... Alhamdulillaaahh... Oh iya, akhirnya Alif giginya muncul juga. Pas mau setahun muncul putih-putih di gusi bawah dan keras. Sekarang masi baru seperempat sih munculnya. tapi kalo dipake ngegigit udah sakiiittt. Mudah-mudahan gigi yang lain cepet muncul juga... Terus udah test darah lagi, alhamdulillah hb-nya udah di atas minimum, cuma kadar ferritinnya agak mepet ke bawah. Teteap harus minum suplemen zat besi, tapi cukup 1x sehari 1,2 ml. Dan kalo makannya udah pinter, apialysnya bisa diberentiin. Tapi masalahnya makannya susaaaah bangeeetttt. Huhuhuhuhu.... T_T

Akhirnya selesai juga ngereview milestone Alif sampe di usia hampir 13 bulan. Mudah-mudahan abis ini saya rajin ngeblog lagi ya, nyatetin perkembangannya Alif dikit-dikit. Posting tentang Asi, mpasi, dll. Banyak yang mau di posting, tapi seringnya cuma dikepala aja. Rada percuma juga nih install blogger for android. Kebanyakan ngopenin smufrs dan mantengin socmed nih saya *pentung*. Mudah-mudahan tahun depan saya berkurang malesnya ya. ehehehehehe..... :D

0 comments:

Post a Comment