Thursday, July 18, 2013

Suara Syahdu dari Masjid

Pic Source
Saya lagi kangen sama masa kecil saya.
Bukan bagian jadi anak kecilnya. Bukan bagian main-mainnya. 
Saya kangen denger suara adzan yang lembut dan syahdu. Saya kangen denger suara sholawat yang dilantunkan sebelum adzan dengan khidmad. Saya kangen denger lantunan doa dan sholawat yang lembut, berirama menenangkan dan syahdu ketika tarawih ataupun ba'da sholat. Seperti dulu ketika saya kecil.

Saya kangen denger suaranya almarhum engkong Syarfan. Beliau termasuk pendiri dan pengurus masjid yang berdiri nggak jauh dari rumah saya. Suaranya aduhai lembut dan merdu kalau sedang adzan. Syahdu sekali kalau melantunkan sholawat dan doa. Adeemmm.... Telinga saya hafal dengan suara engkong syarfan, jadi kalau muadzinnya bukan engkong syarfan saya bisa tau. 

Semenjak beliau berpulang, saya belum lagi menemukan yang suaranya semerdu dan sesyahdu beliau. Ada sih satu dua ustadz yang kalau melantunkan ayat dan doa suaranya merdu dan khidmad, tapi nggak sering ada di masjid. Kalo pada nanya, emangnya muadzin-muadzin yang sekarang nggak merdu gitu? Emangnya yang sholawatan dan baca doa nggak khidmad dan syahdu? Errr..... Pegimane ye.... Coba deh pada maen sini ke rumah saya seharian terus saya ajak sholat dan tarawih di masjid deket rumah. Ehehehehehe.... :D

Kalo buat saya ya, garis bawahin niy ya, buat sayaaaaa,..... Namanya kita berdoa, kita kan memohon pada Allah ya, mbok ya'o suaranya dilirihkan, pelan-pelan, diresapi doanya, bukan buru-buru dan asal terucap. Saya aja nih ya kalo misalnya minta apa-apa saya orang tua aja kan biasanya manis-manis bahasa, ngerayu-rayu, suaranya dilembutin, masa' minta sama Allah ngucapinnya asal dan brat bret brat bret. Setahu saya yang ilmu agamanya cetek bener ini, ada yang namanya adab berdoa. Cmiiw yah...

Terus kalo sholawatan gitu, kalo pelan-pelan, tenang, biarpun misalnya suaranya nggak merdu mendayu-dayu macem penyanyi dangdut tapi kan enak di dengernya. Iya nggak sih? Apa cuman saya aja ya yang demen ngedenger yang enak-enak? Hehehe...

Yah intinya sih, saya kangen aja sama suara-suara enak yang mampir ke telinga saya. *Pagi-pagi random*

Memang, manusia meninggal, kemudian meninggalkan nama dan cerita. Beserta rindu yang selalu terselip di lipatan kenangannya :)

0 comments:

Post a Comment