Wednesday, July 31, 2013

Almost 8 months!!

Bayi kecil saya udah mau 8 bulan ajah. Usia lahir ya, kalo usia koreksi mah baru mau 6,5 bulan malahan. Fufufufu... Kok kayaknya baru kemaren si bayi saya lahirin, sekarang udah mau 8 bulan aja. Udah banyak banget polahnya yang bikin saya amazed. Udah nambah mantep berat dan tinggi badannya, kalo gendong lama-lama udah berasa fitness deh. Hahahaha...

Gimana milestonenya si premie baby? Alhamdulilalahi robbil 'aalamiin, perkembangannya nggak jauh berbeda dengan bayi-bayi yang lahir cukup umur, walau dalam beberapa hal saya sempet ketar ketir. Over all, he's doing good. Aktif luar biasa, lincah bukan main, bikin saya kelaperan mulu kalo abis gendongin dan ngajak main dia. Alesan aja padahal mah emang doyan makan :D 

Mau cerita secara singkat aja ah...

Usia 2 minggu, abis pulang dari rumah sakit Alif kan di jemur mama yah. Mama bilang Alif udah bisa muter kepalanya sendiri  dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Si mama aja sampe kaget. Terus udah mulai miring-miring bobonya. Kalo nangis jangan ditanya, udah melengking dan kejerrr bener, padahal tibang digantiin popok doang, nangisnya kayak diapain aja. Mungkin Alif kedinginan kali ya, secara lemak-lemaknya kan masi dikiit banget. Terus saluran air matanya yang kiri kayaknya masi tersumbat gitu, jadi suka keluar kotoran mata. Treatmentnya cuma sering-sering dibersihin dengan kapas hangat dan dipijat deket hidung dan sekitaran matanya.

Usia 22 hari akhirnya puput pusar juga, beda sama baby lain yang puput di usia seminggu - 10 hari. Alif seminggu pertama di infus lewat pusar, gimana mau puput coba. Sebelum puput, pusarnya yang nyisa juga cuman dikit, nggak panjang gitu.

Usia 1 bulan berat badannya baru naik dikit banget, jadi 2,9 kilo. Dan karena Hb Alif waktu lahir rendah plus prematur pula, mulai usia sebulan Alif udah mengkonsumsi zat besi. Khawatir siy dengan kandungan pemanis buatan plus kemungkinan nanti warna giginya nggak putih, tapi yang penting Alif sehat dan pertumbuhannya sesuai dengan usianya.

Usia 1,5 bulan Alif mulai di imunisasi, dan beratnya udah 3,4 kg.

Usia 2,1 bulan, beratnya 4 kg.  Alif di diagnosa umbilical hernia oleh dokter. Jadi di rongga perut pas pusar itu ada bolongan, pada umumnya setelah bayi lahir bolongan itu akan menutup. Karena Alif prematur, bolongannya menutup agak lama. Malah diameter bolongannya Alif cukup besar, kurang lebih 2cm. Jadi Kalo Alif nangis, ngeden, teriak-teriak, pusarnya nonjol gede banget gitu. Dokter bilang Umbilical hernia Alif nggak bahaya, karena kalo abis keluar gitu ususnya masih bisa dimasukin lagi. Yang bahaya kalo nggak bisa simasukin lagi. Seiring pertumbuhannya akan menutup sendiri, tapi kalo sampai usia tertentu belum menutup ya harus di operasi :(

Untuk sementara pusarnya ditindih make koin dan di ikat pake gurita. Emang nggak rekomen banget make gurita, udah saya coba make tape yang putih, make tape yang cokelat, malah iritasi kulitnya alif. Merah-merah gitu padahal bukanya udah pake air, pake baby oil. Alif malah kesakitan, nangis kejer, dan pusarnya makin nonjol. Jadi mau nggak mau saya pakein gurita, tapi iketnya nggak kenceng, asal buat nahanin koinnya aja. Oiya, koinnya di bungkus kain dan di jait sama mama, jadi bukan koin bulet-bulet ditaro di pusar ya...

Usia 3,1 bulan beratnya 5,05 kg. Masih belum tengkurap dan baru miring-miring aja. Kepingin saya latih tengkurep tapi kan itu perut ada koin dan gurita, saya takut malah jadi kesakitan Alifnya. Niat mau bikin kepala bulet dengan ngelatih tidur tengkurep batal sodara-sodara. Alif juga udah mulai masukin segala sesuatu ke dalam mulut.

Usia 4 bulan beratnya naik lagi jadi 4,2 kg. Gurita masih dipakai tapi mulai sering dilatih telungkup dan miring-miring. Kalo digendong udah nggak mau tiduran, maunya posisi berdiri kayak lagi di sendawain gitu. Kepala dan lehernya kelihatan udah kuat. Matanya juga mulai fokus dan telinganya sensitif banget, terutama kalo denger bunyi kresek. Girang banget bocahnya.. Alif juga kayaknya udah mulai keras gusinya, jadi suka banget gigit-gigit. Herannya di kasi teether dilemparin mulu, giliran jari saya digigitnya kayak gigit apaan aja. Sakit ceu gigitnya. Terus lagi anak ini kalo di ajak becanda ketawanya ngakak banget kayak orang gede. Beneran deh, saya sampe bengong sendiri kalo dia lagi becanda sama abahnya. Ngakak ceu..

Usia 5 bulan beratnya 7, 06 kg. Udah nggak pake  gurita, tapi masih belum tengkurep juga. Keliatannya malah makin males, kalo miring sebentar udah telentang lagi. Kayak kurang effortnya gitu. Kalo saya tengkurepin mesti nangis dan teriak-teriak, kalo tengkurepinnya di paha agak lumayanan. Udah gitu nggak mau nengok-nengok dan  ngangkat kepala kalo lagi tengkurep. Padahal waktu masih sebulanan gitu malah bawannya nengok kanan kiri dan angkat kepala kalo lagi di tengkurepin sampe saya ngeri sendiri. Saya test pake KPSP 3 bulan skornya udah 10 sih, jadi nggak terlalu khawatir. Dokter bilang emang bocahnya aja yang belum mau, di tunggu sampe 6 bulan. Pas menjelang 6 bulan, (25 april) akhirnya Alif mau di tengkurepin agak lama tanpa nangis, dan mau ngangkat kepalanya waktu saya kasi stimulus. Hoorray!!! Satu langkah kecil, tapi berarti banget...

Usia 6 bulan beratnya 8 kg, panjangnya udah 70 cm, udah mulai Mpasi, udah minta di bangunin buat duduk, udah mau berdiri dan ngejejak melulu tapi masih belum tengkurap walaupun udah miring pake banget dan udah angkat-angkat kepala. Huhuhuhu.... Merasa bersalah karena kurang menstimulasi sedini mungkin, karena umbilical hernia dan guritanya ituh :( Waktu kontrol dokter udah nulis rujukan buat ke klinik tumbuh kembang, tapi kemudian dokter bolak-balik medical recordnya Alif dan bilang kalo dokternya lupa Alif itu premature, abisan ndud dan bongsor bener. Gubraakkksss... Emang sih usia lahir alif 6 bulan, tapi usia koreksinya masih 4,5 bulan. Jadi masih wajar belum bisa tengkurap sendiri dan ditunggu aja sampe bulan depan.

6,3 bulan Alif keseleo (20 juni) kaki kanannya gara-gara maunya ngejejak terus dan susah banget di dudukin. Kayaknya pas mau di dudukin kakinya nahanin dan posisinya nggak pas, maka keseleo deh.  Duh Gusti, nangisnya nggak nahanin banget. Nyusunya berkurang drastis, sedihnya nggak karuan.. Alhamdulillah 3 hari udah baikan dan udah mulai di gerak-gerakin lagi kakinya. Seminggu udah aktif lagi kakinya dan emaknya yang parno, tiap ngapa-ngapain kakinya di perhatiin banget.

2 atau 3 hari menjelang 7 bulan, akhirnya Alif mau tengkurap sendiri. Saya seneng banget, ampe teriak-teriak ngasi tau mama. Beberapa hari sebelumnya waktu tidur Alif kadang suka miring terus ujug-ujug bluggg, tengkurap dengan posisi tangan yang nggak pewe. Saya masi nganggep belum bisa tengkurap karena kan lagi tidur ya, nggak sadar dia. Pas lagi nggak tidur, miring miring miring trus bluuggg tengkurep, legaaaaa banget hati saya. Alhamdulillah ya Allah, Alif tengkurep juga. Kangmas juga seneng bukan main. Mama, ii, semuanya seneeeng banget Alif akhirnya mau tengkurep.

Usia 7 bulan, beratnya jadi 8,5 kg, udah tengkurep, dan udah bisa duduk agak lama. Hobinya sekarang narik-narikin apa aja yang bisa di tarik kemudian di lempar. Kacamata saya, taplak meja, gelas, piring makan, ngejambakin rambut melulu juga. Nggak lama abis bisa tengkurep alif mulai belajar ngebalik dan langsung lancar bolak balik. Sekarang demen banget gelinding-gelinding di tempat tidur dan duduk di stroller. Bouncernya kayaknya udah mulai pensiun. Suka ngamuk gitu kalo posisinya cuman rebahan terus minta duduk. Selain gelinding-gelinding, sejak 6 bulan alif demen banget bergerak naik sambil telentang dengan ngedorong kepala dan kakinya bersamaan. Ya Allah, saya mah takut banget lehernya kecengklak atau keseleo gitu tapi bocahnya masya Allah girang banget begitu bahkan cepet banget sampe ke ujung tempat tidur. Kalo bayi lain mah tengkurep terus merangkak lah Alif maah make kepala dan kakinya. Hadeehhh....

7,5 bulan, Skor KPSP 6 bulan udah 10, alhamdulillaahh. Alif mulai ngangkat kepala kepingin duduk dan saya cuman perlu ngasi tangan. Dia bangun duduk sendiri. Seneng banget main sambil duduk walau kadang-kadang masih suka njeblak kalo capek. Seneng banget duduk gujlak-gujlak, terus di beliin rusa-rusaan sama mama. Girang banget dia duduk gujlak-gujlak di rusa. Terus melintir-melintirin badan, berpolah nggak karuannya udah makin menjadi. Kudu ekstra hati-hati dan nggak bisa di tinggalin sendirian. kelakuannya ya Allah, super aktif. Lagi di dudukin di tengah-tengah tau-tau udah nyampe pojokan demi ngambil tempat tisu atau kresek terus di mainin dan  dimasukin mulutnya. Hobiiiii banget dia mainan kresek sama tempat tisu. Anteng banget kalo dikasi kresek. Sama gigit-gigit yang aneh-aneh. Kalo dikasi teether atau mainannya malah di lempar-lempar. Bosen kali yeee....
*gen bosenan nurun dari sape sih*

Daaannn... Beberapa hari belakangan ini Alif udah mulai babbling-babbling gitu. Udah lama sih dia suka gumam-gumam nggak jelas gitu. Terus pas nangis, selain teriak-teriak kadang suka keucap mammmaaa mammmma gitu. Nah belakangan ini Alif udah mulai bilang mammaamma... mamamama... dahdah... dan barusan dia babbling babba babbaahh babah.. Berkali-kali sambil teacay-acay dan senyum-senyum. Nyahahahaha... Mau manggil abah kali ya dia. Saya terharuuuu... Emang bukan bunda siy yang terucap secara ya spellingnya bunda tu susye, tapi akhirnya mulai jelas juga apa yang dia ucapin. Nambah lagi satu kepintaran bayi kecil saya. Biarpun mungkin nggak secepat bayi lain, tapi nggak ketinggalan juga. Kalo menurut baby milestone yang saya temuin inih malah lumayan sesuai laah. Hahaha... Tapi perjalanan masih panjaaaaangggg... Pe-er buat saya adalah konsisten ngasi stimulus yang baik biar perkembangannya makin baik.

Kok jadi panjang ya postingannya? Emang saya nggak bisa posting pendek-pendek nih. Hahahahaha....

Sekian dulu apdetannya Alif ganteng yang di rapel sampe usia hampir 8 bulan. Secepatnya di apdet lagi. Hihihihi... amcem Rabid mom ajah nih. Tapi kalo nggak di posting disini dimana lagi saya nyatet milestone si bayi secara saya pemalas tingkat dewi. Huakakakakakak.... :)))
Pic Source


0 comments:

Post a Comment