Monday, October 08, 2012

Aneka macam test

Pic taken from here
Waks.. Judulnya kayak apaan aja, padahal siy cuman tes darah dan urin doang. Hehe... :p

Selama hamil, saya udah dua kali aja disuru tes darah sama dokter. Yang pertama waktu baru ketauan hamil, dokternya minta saya tes hematologi lengkap untuk mengetahui kadar hemoglobin, eritrosit, hematoktrit, trombosit, leukosit, laju endap darah, dll., sama immunologi. Immunologi cuman ngecek HBsAg aja sih, untuk mengetahui saya terinfeksi hepatitis apa nggak. Hasilnya [waktu itu] alhamdulillah semua baik dan dalam ambang normal, juga negatif hepatitisnya. Terus saya tanya, kalo test TORCH gimana, wajib apa nggak. Dsog saya nggak ngewajibin. Dong dong dong.. Saya baca-baca dan gugling, banyak yang ngewajibin, bahkan sebelum program hamil, karena kalo terinfeksi salah satu dari torch itu bahaya banget. Parno siy, pengen banget ngetest walo harganya bikin pingsan. Tapi entah kenapa sampe sekarang belom-belom ajah. Mudah-mudahan sehat-sehat aja ya, nggak kenapa-kenapa. Aamiin Ya Allah...

Nah, waktu kontrol terakhir bulan kemaren dokternya bilang sebelum kontrol yang akan datang saya diminta tes darah dan urin lagi. Pas jadwal kontrol berikutnya usia kehamilan juga udah mau 26 minggu, maka dokternya mau tau kadar gula darah saya, terus hemoglobin dan teman-temannya, juga HBsAg [lagi]. Sedangkan tes urin untuk mengetahui apakah ada protein dalam urin, yang mana merupakan salah satu penyebab pre-eklampsia, juga untuk mengetahui saya terkena isk [infeksi saluran kemih] apa nggak. Infeksi apapun, bisa memicu terjadi KPD atau ketuban pecah dini. Berdasarkan kata dokter, nanya di twitter, dan gugling, tes untuk mengetahui kadar gula darah yang saya jalanin namanya tes toleransi glukosa oral, untuk mengukur kadar gula darah, karena ibu hamil rentan terkena diabetes gestasional, apalagi udah ketauan papa saya punya diabetes. Ibu hamil yang kadar gulanya tinggi cenderung melahirkan bayi dengan berat badan yang besar dan bayi mengalami hipoglikemia karena memiliki kadar insulin yang tinggi. 

Sehari sebelum kontrol, kamis (04/10) pergilah saya tes darah dan urin lagi setelah malemnya kudu puasa antara 10-12 jam, cuma boleh minum air putih aja. Aduuhhh... itu lapernya kayak apaan aja. Jam 2 malem, yang mana saya baru  puasa 3 jam udah kruyukan, dan kepengen banget minum susu. Pagi-pagi mama udah masak wangi banget, naga-naga di perut udah joged-joged minta jatah. Si bebe pun jumpalitan, kelaperan. Huhuhu... Maaf ya nak, mudah-mudahan cuman sekali ini aja puasanya. Udah gitu karena ada meeting dan training kangmas nggak bisa nemenin. Maka berangkatlah saya ucuk-ucuk ke lab. Nggak lama nunggu, saya dipanggil buat diambil sampel darah dan urin. Abis itu dikasi minum segelas gede air gula yang manisnya ampun-ampunan, ampe batuk-batuk. Setelah minum air gula, harus nunggu satu jam buat di ambil sampel darah dan urin lagi. Kalo udah, nunggu 1 jam lagi, terus di ambil sampe darah dan urin lagi. Total kudu nunggu 3 jam lebih. Kebayang dong bosennya saya kayak gimana. Udahlah bosen, laper banget, panggul dan tulang ekor saya sakit gara-gara kelamaan duduk. Alhamdulillahnya, bekas jarum suntiknya nggak ninggalin bengkak dan memar. 2 kali tes darah terakhir, entah uratnya yang nggak pas atau apa, bekasnya ninggalin memar :(

Syukurnya lagi, menit-menit terakhir kangmas dateng nyamperin saya di lab. Langsung uwel-uwel ndumsel-ndumsel terus ngerengek. Hwehehehe.... Abis itu kita late lunch dulu deh sambil nunggu hasilnya. Abisan mau ditinggal pulang nggak lama lagi hasilnya keluar, ya udah ditungguin aja. Sayangnya hasil tesnya ada yag kurang bagus, hemoglobin saya rendah banget, cuman 10,1 g/dL., nilai rujukannya 11,5 - 16,5 g/dL. Udah gitu laju endap darahnya juga tinggi. Tapi yang lainnya alhamdulillah bagus... Trombosit cukup, hepatitis negatif, gula darah normal, nggak ada protein dalam urin, dan nggak ada indikasi isk. Tapi si mama langsung kebat-kebit karena walaupun kadar hemoglobin pada ibu hamil memang cenderung menurun, tapi bisa mengakibatkan komplikasi yang fatal juga. Langsung aja saya di masakin daging-dagingan, sampe kacang ijo aja dibikin make kuah sop dan di tambahin daging ^^a. Mudah-mudahan nggak terjadi apa-apa ya, sayanya sehat, si bebe di perut juga sehat . Aamiin YRA...

0 comments:

Post a Comment