Wednesday, June 27, 2012

Nasi Goreng Pedes :D

Semalem, gara-gara makan ayam rica-ricanya tante etty yang emang enak banget ituh, kangmas nyeletuk minta masakin. Ngahahahaha... Cuman ketawa miris sayah. Istri pemalas inih emang udah lama banget nggak masak, maka dari itu sepertinya kangmas kangen dimasakin. Saking desperatenya kangmas bilang saya  boleh masak apa aja deh, pokoknya masakin dia. Aduh suamiku, maafkan kemalasan istrimu ini ya... :(

Nah, tadi berhubung mama lagi nggak ada dan dari siang cuman ngengetin isi kulkas yang ringan-ringan macem lasagna dan macaroni schotel {macam mana pula lasagna masuk makanan ringan} perut pun bergolak minta makanan berat alias nasi. Alhamdulillah ya di kulkas ada nasi sisa semalem, maka saya dengan semangat 45 ngutek-ngutek bumbu bikin nasi goreng pedes. Yang gampang aja lah, saya masih males banget masak. Huehehehehe... *Membela diri*

Hasilnya kata saya sih enak, pedes, tapi nggak banget. Kayaknya cabenya kudu di tambah dan tomatnya dikurangin. Besok-besok deh kalo pengen masak lagi. Haha...
Terus ngiming-ngimingin kangmas deh biar cepet pulang. Berhasil? Pastinyaa... buktinya langsung nelpon dan mau ngusahain pulang lebih cepet :))

Buat yang doyan pedes, kali aja kecantol sama resep nasgor acak adul ala saya :D 

Half-fairy.blogspot.com
Nasi goreng pedes ala Chef Qq :D


Bahan:
  • Nasi putih sisa kemaren secukupnya [kalo nasi baru kurang sedep jadi nasgor. kata saya sih. he.. ]
  • 2 butir telur kocok lepas, dibumbui sedikit garam dan merica
  • 2 buah sosis ayam / sapi, iris
  • Caisim secukupnya, potong-potong [lagi nggak nyetok, jadi nggak make]
  • Minyak goreng secukupnya
  • Sedikit mentega / margarin

Bumbu-bumbu:
  • 1 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran kecil, iris
  • 1 buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai rawit hijau
  • 5 buah cabai rawit merah [yang besar2 itu loh]
  • 5 butir lada / lada bubuk sesuai selera
  • 1/2 buah tomat
  • Garam secukupnya
Pelengkap:
  • Bawang goreng
  • Kerupuk
  • Lalapan
Cara masaknya:
  1. Lelehkan margarin, telur yang udah di kocok di buat orek. Tambahkan sosis, masak sebentar.
  2. Angkat, sisihkan.
  3. Haluskan lada, cabai, bawang putih dan bawang merah dan garam.
  4. Masukkan irisan bawang bombay, ulek sekenanya, jangan sampai halus. Biar sedep.
  5. Masukkan tomat, haluskan.
  6. Panaskan minyak, campur dengan sedikit margarin.
  7. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukkan nasi dan campuran telur-sosis [dan caisim kalo make].
  8. Aduk sampai rata [dan caisim agak layu].
  9. Angkat, sajikan dengan pelengkap.
Disclaimer:
Masak ini bisa bikin orang serumah bersin-bersin kepedesan. 

0 comments:

Post a Comment