Monday, April 02, 2012

Phalaenopsis amabilis

Lagi banyak pohon yang berbunga di rumah. *senang* Salah satunya anggrek bulan kesukaannya mama. Mama tuh seneng banget sama anggek. Sering banget beli anggrek. Saya juga pernah ngebeliin mama, langsung di taman anggrek yang di Taman Mini. Banyak banget jenisnya, harganya juga bervariasi. Sampe pusing milihnya. Selain anggrek bulan, mama juga punya anggrek-anggrek yang lain. Ada anggrek merpati, anggrek kalajengking, anggrek yang warnanya ungu yang saya nggak tau namanya, entah anggrek apalagi. 
Tapi masalahnya, anggrek-anggrek itu kalo nggak mati, ya tumbuh besar, akarnya menjalar-jalar, tapi nggak berbunga lagi. Cuman pas di beli doang berbunganya. Padahal udah di semprotin pake pupuk. Yang rajin berbunga cuman si anggrek bulan satu ini aja. Padahal nggak pernah di pupukin, cuman di tempelin aja ke [bekas] pohon pinang. Sejak di beli, seinget saya udah 5 kali berbunga. Rekor deh. Pertama kali berbunga lagi setelah dibeli, nenek saya heboh banget. Ajaib menurutnya. Sampe minta saya buat fotoin, nenek lagi megang anggreknya. Katanya barang bukti, anggreknya berbunga lagi. Fotonya belum ketemu, kalo udah ketemu nanti saya posting. 
Anggrek itu terakhir berbunga bulan juni - juli taun kemarin. Pas lagi mekar, pas lagi cakep-cakepnya, pas mama lagi pengen pamerin waktu nikahan saya, bunganya patah gitu aja. Saya nggak ngerti deh gimana bisa patah, sama ada daunnya juga ikutan patah. Emang sih waktu itu ujan deres banget, tapi pohonan lain nggak kenapa-kenapa. Cuman anggrek bulannya aja. Mungkin di patahin kucing. Etapi sebelumnya kucing nggak pernah matahin bunga. Analisis saya sih, ada yang lewat, terus nggak sengaja matahin. Karena saya nemu patahan daunnya di lantai, sedangkan bunganya ada di selipan pohon dibawahnya, kalo nggak diperhatiin nggak keliatan. Masa' iya kucing atau hujan bisa nyembunyiin patahan bunga. *Ini kenapa malah maen detektif-detektifan*
Mama dan nenek saya sedih. Beneran deh lagi cakep banget. Mana nungguin berbunganya lama, giliran berbunga patah. Patahannya sampe di tanam di pot suplir di teras sama nenek, biar tetep seger. Tapi ya nggak lama layu dan kering juga. Kemarinan ini pas muncul batang bunganya, mama girang banget. Langsung itu di iket pake kawat, di lakban pula, biar nggak patah lagi kayak waktu itu. Niat banget deh... Emang sih, nungguin anggrek berbunga tuh lama. Giliran berbunga, dari muncul batangnya, bulet-bulet bakal bunganya, sampe mekarnya tuh lamaaaa banget. Dan kalo udah mekar, sampe gugur layu semuanya juga lama banget, awet di pohon bisa 3 mingguan lebih. Dahsyat deh emang yang namanya anggrek. Patesan mama suka banget...
Keliatan kan, di pakein kawat, terus di isolasiin, di lakban pulak.
Cakep Banget ya?
Subhanallah... 

0 comments:

Post a Comment