Monday, April 30, 2012

Planning Honey days

Apa itu honey days? Honey moon tapi cuman itungan hari. Mwahahahaha... Itu sih kata saya aja. Mengingat saya dan kangmas sejak nikah belum hanimun. Errr... Nggak direncanain jugak sih karena banyak hal. 

Nahhh.... Berhubung sekarang udah hari terakhir di bulan april, maka saya tambah nervous. Awal mei besok ini kita ada reunian di Solo, udah di rencanain dari jauh-jauh hari. Udah kangen banget sama Solo, sekalian ketemuan juga sama temen-temen. Sekalian saya dan kangmas kepingin jalan-jalan beduaan. *Ngelaba, sambil menyelam makan cendol*

Kan reuni tanggal 5-6, rencananya kita pulang baru tanggal 8. Abis reuni mau sok-sokan hanimun eh, hanidey ceritanya. Jarang-jarang punya kesempatan travelling, sekalinya ada dimanfaatin sebaik-baiknya. Dan sya udah nervous dari kemaren-kemaren. Biasa deh, perempuan. bawaannya pengen perfect. Mulai dari gugling tiket balik, penginapan, sampe mau bawa apa aja. Tapi sampe' sekarang baru ada tiket pergi-pulangnya, yang laen belom dong. Makanya saya nervous. Hohohoho...

Monday, April 23, 2012

Talking to my head

Can't even fall a sleep, while kangmas already snoring and i cuddling with my warm blanket. Too much thing running in my head. Too much emotional thing knocking my heart. I just can't handle all of this in such a short time. I know i was more broken than this, and more younger. But hey... however i'm just a human being. I don't feel right. I messed up. Jeez...  i just wanna handle all of this without turning my trauma on. Without calling my damn depression back. 
Inhale....
Exhale...
Inhale...
Exhale....
I will through this.
I'm strong enough.
I'm wise enough.

Sunday, April 22, 2012

[Bukan] Sirih Berbuah Pare

Haveedzqi Photographia
Let me introduce you to one of my granny's favorite, Pare aka Paria. Bukan mantan vokalisnya kotak itu yak, tapi buah pare. Dan itu di foto bukan daun sirih berbuah pare, tapi entah gimana mereka belibet bareng-bareng, secara sama-sama merambat :D

Awalnya di rumah nggak ada pohon pare, tapi almarhumah nenek saya, seneng banget nyebar berbagai macam biji-bijian di halaman sebelah samping. Beliau bilang "Kalo dikasi nyawa sama Allah ye tumbuh, kalo kagak ye kagak kenape-kenape. Kagak modal ini." Nah, pare ini ya asal muasalnya kayak gitu. Allah berkehendak ngasi nyawa, tumbuh dan berkembanglah si pare. Sebelumnya di samping juga ada pohon pepaya hasil nyebar biji, terus pohon pare ini merambat-rambat di pohon pepaya, di dinding, ampe belibetan sama sirih. Sampe ada yang ngira pepayanya berbuah pare. Hehe..

Nenek saya doyan banget sama pare, diapain aja doyan. Sampe kalo saya beliin siomay, pare-nya yang banyak, karena yang dimakan cuman parenya. Katanya sih khasiatnya banyak, bisa buat ngebanyakin asi juga. Tapi saya sih ogah, pait begitu. Buat yang mau tau manfaat lain pare, bisa diliat dimari.

Parenya rajin berbuah loh, kadang sampe ada 3-4 buah bergelantungan. Buat ukuran tanaman yang cuman disiram air, nggak dipupukin dan numbuh sendiri, berbuah banyak dan sering adalah keheranan tersendiri buat saya. Mama sampe bosen, abis stok pare di kulkas nggak abis-abis. Kadang kalo lagi panen banyak banget, nenek suka bawa ke cempaka putih, ngasih buat kai seman, kakek saya yang juga doyan banget pare. Waktu nenek saya pergi haji, parenya lagi sedeng-sedengnya berbuah, banyak, gede-gede juga. Sebagian saya panenin, taruh kulkas, sebagian yang masih kecil saya biarin aja, maksud hati biar pas nenek pulang nenek yang panen. Eh nenek saya nggak pulang lagi :(

Tiap nyiram dan liat pohon pare saya ngembeng. Keinget nenek. Pohonnya juga sedih kali ya, nggak lama pohonnya kering dan mati. Abis itu yang mati nyusul pohon saga. Selama ini saya jarang percaya kalo tanaman punya "jiwa", dan ternyata memang punya. Tambah mewek deh.... T_T

Sebulanan yang lalu, saya ngeliat ada lilitan pohon pare lagi disamping. Saya sampe teriak-teriak ngasi tau mama. Kayaknya ada biji dari pare mateng yang jatuh dan tumbuh lagi jadi pohon baru. Kemarin udah mulai berbuah, baru satu sih. Tapi saya jadi berkaca-kaca [lagi]. Mau diapain ya parenya.....

Thursday, April 19, 2012

When Life Gives You Lemons

Picture taken from here
They say, when life gives you lemons, make lemonade. Old quotation, heard it until now. 
But for me, when life gives me lemons, i won't make lemonade. I'll ask life to gives me salt, then i'll squirt the lemon and sprinkle the salt on a wound. It'll hurt so badly, leave a deep scars and i'll crying because of it. 
However, that's a life
Bitter.
Sour
Mean
And i've to go on whatever happen. There'll be a deep scars to remind me, i was there. I was hurt. I was broken. By life. But here i am. Live. Breath. Staring into the scars. Standing in front of life and say, "I'm okay. I'm so damn good. Your lemons doesn't mean anything for me except scars, compromise, and lesson how to through it. Thank you."

Wednesday, April 18, 2012

#Partikel, 8

Problemku terbesar adalah mempercayai  spesies Homo Sapiens
Termasuk diriku sendiri. 
Padahal, manusia terlahir ke dunia dibungkus rasa percaya. 
Tak ada yang lebih tahu kita ketimbang plasenta.
Tak ada rumah yang lebih aman daripada rahim ibu.
Namun, di detik pertama kita meluncur keluar, perjudian hidup dimulai. 
Taruhanmu adalah rasa percaya yang kau lego satu per satu demi sesuatu bernama cinta. 


taken from Supernova #4, Partikel, pg. 8

Life Hurt

I know that she want to be happy. She deserve her own happiness. But how it comes with disappointing. However she lied to us. Did she ever think about what we feel? I don't know what to say. It's too complicated. I don't even know what exactly i feel. It's kind of sad, disappoint, angry, useless. I don't know what to do. Should i support her in every way? Should i blame her? How comes it happen to her? To me? To us?
The one you love, truly love you, one day would be the one who hurt you. It's true.
Dear Allah...
Please give me strenght, give me courage, give me patient to through this....
And please... Keep my granny in peaceful. I love her so much. I miss her more than anyone know. 

Supernova, #4 : Partikel

Saya kenalan pertama kali sama Supernova waktu kelas 3 SMU. Saya yang cuman doyan baca komik dan novel ini pertama kali tertarik karena sampulnya yang berwarna biru, warna favorite saya. Alasan kedua, judulnya menarik, "Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh", mengingatkan saya akan dongeng. Nggak ada bayangan sama sekali supernova itu cerita seperti apa. Dan setelah saya baca, asli saya mumet. Soalnya saya bacanya buru-buru, penasaran. Haha... Abis itu saya baca lagi dua tiga kali, baru ngerti deh. Dan penasaran banget sama lanjutannya. Sayangnya buku saya itu entah kemana dipinjam orang >.<

Waktu Akar keluar, saya lagi bokek berat. Awal-awal kuliah, banyak pengeluaran. Niat saya buat langsung beli akar harus saya tahan-tahan sambil ngeces kepingin. Akar nggak se-njelimet KPBJ, dan saya cukup ngefans sama Kell, sampe' nangis bombay waktu Kell di bikin meninggal. Sempet jadi kontroversi seinget saya covernya Akar, di protes gitu sama sebuah lembaga keagamaan. Akhirnya covernya diganti dan dibuat bolong gitu aja. Saya punyanya yang edisi udah bolong itu :( :(

Abis itu muncullah Petir, nggak perlu waktu lama buat saya langsung ngebeli Petir. Sama kayak Akar, episode ini nggak se-njelimet KPBJ. Menurut saya malah lebih kocak dan seru. Tapi asli, saya kagum banget sama si Etra. Itu Dewi Lestari makannya apa sih bisa bikin karakter aneh-aneh tapi keren. He...

Saya lupa harus nunggu berapa lama buat baca Supernova #4. Kata orang-orang sih 8 tahun. Entah, saya nggak ngitungin. Saya cuman inget saya sampe putus asa dan berenti ngarepin lanjutannya. Setiap Dee ngeluarin karya terbaru, saya ngarep banget itu Supernova #4. Tapi saya salah. Sampe pada akhirnya di twitter Dee bilang Partikel, Supernova #4 mau diterbitin. Saya nggak terlalu excited. Takut kecewa. Sampe sehari menjelang "kelahiran" Partikel, saya baru girang. Friday 13th di bulan ini, pukul 4.44 di pilih Dee buat kelahiran Partikel. Sayangnya saya nggak bisa langsung dateng dan beli Partikel saat itu juga. Tepar. Besokannya saya geret kangmas ke toko buku. Nggak pake milih, ambil partikel terus cabut.

Nyampe rumah, nggak pake ngapa-ngapain langsung saya buka. Megangnya aja saya udah nervous. Dibawa ke belahan bumi sebelah mana lagi saya sama Dee. Duh.. nggak kebayang. Aslinya saya ngantuk banget dan kepingin tidur, apalagi ada kejadian di rumah yang bikin saya setres. Tapi godaan Partikel lebih dahsyat, dan saya memilih untuk lari dari dunia saya ke dunia Zarah Amala, dalam lembaran partikel yang saya baca.

Partikel bikin saya ngerasa miris akan kenyataan yang menohok. Zarah, berhasil membuat hasrat saya akan fotografi yang susah payah saya kubur muncul lagi ke permukaan. Membawa saya menangis, tertawa, deg-degan, bahkan bengong dalam satu waktu. Saya bahkan meng-googling banyak hal yang saya remukan di dalamnya. Bukan karena saya nggak percaya, tapi karena saya penasaran dan ingin tau secara visual. Saya bahkan terhanyut akan nama Zarah Amala dan nanya sama kangmas gimana kalo nanti anak kita namanya Zarah Amala. Kangmas sampe' bengong, terus nanya artinya apa. "Partikel Cinta". Dan kangmas ber-oooo. Paham. Bagi saya artinya romantis dan dalem. Hahahha... :D

Dee berhasil memasukkan banyak pengetahuan dalam Partikel, sama seperti buku-bukunya yang lain. saya seperti belajar sambil membaca novel. Mengingat saya nggak suka baca buku pelajaran, sisipan pengetahuan dalam novel kayak gini yang saya suka. Memperkaya tanpa menggurui. Saya juga sampe bingung, alien itu beneran ada nggak sih? Atau Dee merupakan jelmaan alien itu sendiri? Ah... Misteri...

Sayangnya, nggak seperti KPBJ, Akar, dan Petir, beberapa bagian Partikel  mudah tertabak oleh saya. Seperti persahabatan Zarah dengan Koso, apa yang akan terjadi antara Zarah, Storm, Koso, atau antara Zarah dan Paul. Nggak tau kenapa bisa ketebak gitu aja, padahal saya berharap tebakan saya salah. Nggak masalah juga sih, karena secara keseluruhan Partikel berhasil memuaskan rasa haus saya akan bacaan yang "berat" tapi bermutu. Dan berhasil sedikit memadamkan penasaran saya akan kelanjutan Supernova. masih 2 buku lagi sebelum Supernova tamat. Entah harus menunggu berapa tahun lagi. Yang pasti saya harus belajar meredakan rasa penasaran dan bersabar, sampai saatnya tiba. Hanya Dee yang tau kapan. Semoga nggak sampe' 8 tahun ya..

Judul : Partikel
Penulis : Dee / Dewi Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 2012

Tuesday, April 17, 2012

Journey to Fatahillah Museum

Waktu saya dan kangmas lagi iseng jalan-jalan ke kota, kita mampir ke Museum fatahillah. Jadul banget, tapi keren. Ngingetin sama jaman kolonial belanda. Di puncak museum, masih ada ayam penunjuk arah angin.

Di halamannya banyaaak banget sepeda yang di parkir. Warna warni cantik. Dengan bermacam hiasan & pelengkap.

Karena kepingin, jadi saya dan kangmas ikutan nyewa deh. Saya pilih warna biru pastinya. Terus keliling-keliling di boncengin sama kangmas. Romantisss.... 

Saya pake topi warna biru putih loh, yang nggak sengaja matching sama outfit saya hari itu.

Kangmas ganteng juga nyobain make topi kumpeni. Lucu...

Sekitaran sana juga banyak yang jual makanan enyak. Salah satunya ini.

Tapi mahal-mahal bener, sepiring berdua aja kalo gitu. Daripada ngeces ;p~

Nyenengin banget jalan-jalan di fatahillah. Secara saya demen banget sama sesuatu yang berbau jadul. Jadinya nggak mungkin dong saya nggak berusaha eksis. Ini jendelanya beneran gede dan jadul banget. Liat aja slotnya, kalo kejepit bahaya. Lucky me, pas lagi moto pas nggak ada yang lewat di belakangnya. hehe.. ;p

Ini juga jendela jadul. Seneng banget bisa punya foto refleksi di kaca jadul gini.
Sekian sesi jalan-jalan saya dan kangmas di kota tua. Err... Di museum fatahillah deng. Sebenernya belum keputeran semua, keburu tutup karena datengnya kesiangan. Lain kali kalo main-main kesitu lagi bakal muterin lebih jauh lagi.

Anyway...
Happy 1st anniversary of our engagement ya hunny... Love you always..
:* :* :*

Sunday, April 15, 2012

C'est la vie

Welcoming a new family member.
i've should know it before.
well....
C'est la vie.

Friday, April 13, 2012

Today's Breakfast


Burned Sunny Egg Sandwich 
+
Low Fat Chocolate Milk
+
Good Internet Connection 

Monday, April 09, 2012

Scrambled egg made by my kangmas

Bahagia itu sesimpel dimasakin orak arik telor sama kangmas di saat nggak nafsu makan dan males ngapa-ngapain. Oh ya, saya emang nggak rajin masak. Maka pada saat kangmas masakin saya orak arik telor dan rasanya enak banget, saya ketagihan. Mungkin karena make bumbu cinta ya. *melipir*
Beneran enak loh, saya bahkan sampe nambah mulu. Dan saat telornya abis, saya masih kepengen. Umm... Emang saya aja kali ya yang kemaruk. Haha.. Resepnya kalo saya perhatiin [iya, saya perhatiin. Saya nggak bantuin sama sekali. Mandorin doang], asal aja. Cenderung lebay malahan, makanya rasanya pedes nggak ketulungan, tapi herannya ya ituh, enak dan nagih. Itu poto di atas juga di protes sama yang bersangkutan, katanya terlalu zoom in. Baiklah, ini saya posting lagi poto sepiring scrambled egg aka telor acak adul yang nagih itu beserta resepnya. Nggak di peruntukan buat yang perutnya sensitif dan nggak doyan pedes. Pedesnya nampol. Bisa dilihat dari penggunaan lada dan cabe yang aduhai. Hehe.... *ngeces, kepengen lagi*
Bahan:
  • 3 butir telor ayam
  • 4 buah bakso, iris  {entah kenapa mama lagi demen nyetok bakso}
  • Minyak goreng sedikit aja
Bumbu:
  • 3/4 bawang bombay ukuran sedang, iris
  • 2 siung bawang merah, iris
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 4 buah cabe rawit merah, iris
  • 4 buah cabe rawit ijo, iris
  • 1 sdm lada bubuk [kayaknya malah lebih]
  • 1 sdt saus tiram
  • Garam secukupnya
Cara masak:
  1. Kocok telor.
  2. Masukin bakso dan semua bumbu-bumbu. Cobain dikit, kalo kurang pedes tambahin lada. Kalo kurang asin tambahin garam/saus tiram.
  3. Aduk sampe kecampur semua.
  4. Panasin penggorengan + sedikit minyak.
  5. Tuang adonan telor, tunggu sebentar, terus bikin orak arik alias di aduk-aduk deh telornya ampe nggak berbentuk. Tapi jangan sampe terlalu ancur, nggak enak.
  6. Kecilin api, aduk-aduk sampe bawang agak mateng.
  7. Kalo udah agak mateng, apinya gedein sambil terus di aduk sampe agak angus tapi nggak parah. Asal aja gitu, biar ada item-itemnya dikit, kayak di poto lah gitu.
  8. Angkat, sajikan dengan nasi putih anget. 
  9. Kalo masih kurang pedes, taburin lada bubuk atau pakein saus.

Sunday, April 08, 2012

Nu Skin

Akhirnyaaaa....
Dibikinin desain blog juga sama si kangmas. *dancing* Lutjuuuu... Tapi katanya sih untuk sementara, masih di sempurnain. Whatever lah.. Makasiy ganteeng.... *kisses*

Friday, April 06, 2012

Ene' pulang lagi, dalam mimpi saya..

Ya, tadi siang ene' pulang lagi... Pake' baju seragam pengajian warna putih bordir biru, pulang dari pengajian di istana negara. Ene' cuma diam sambil ngetok pintu dengan wajah di ambang jendela, tapi tersenyum, nunggu saya bukain pintu seperti biasa. Bawa besek nasi kayak biasanya, dan tas hitam besar hadiah dari pengajian ibu tati. Setelah saya bukain pintu saya langsung ke kamar mama, tapi barang-barang ene' yang di kamar mama udah nggak ada. Saya bingung. Lalu saya ingat ene' udah nggak ada...
Ene' jarang pulang, jarang datang dalam bunga tidur saya. Pertama kali datang setelah lima hari berpulang, sama seperti tadi, ngetok pintu dengan wajah di ambang jendela, menunggu saya bukain pintu. Ketika itu juga ene' pulang ngaji, tapi hanya mengenakan daster pink yang sehari-hari dipakai dan topi hitam yang juga biasa dipakai. Ene' cuman diam, tapi ekspresinya bertanya-tanya kenapa rumah rame banget dan semua orang berkumpul. Saya, menangis sesenggukan dan berkata bahwa ene' masih ada, buktinya ene' pulang. Tapi kemudian saya bangun. Menangis di pelukan kangmas, teringat ene' nggak akan pulang lagi ke rumah ini.
Saya berharap ene' bisa sering datang dalam tidur saya, namun nyatanya tidak. Baru dua kali ini. Tapi saya merasa kalau ene' akan terus pulang ke rumah ini, menengok saya dan mama. Melihat melati rangkaian saya. Menemani saya menjemur dan melipat pakaian. [mungkin] Tersenyum melihat saya udah agak rajin masak. Hehe...  
Ne'... Dua hari yang lalu mama iyun juga berpulang. Sepertinya karena stroke dan hipertensi. Ene' udah ketemu belum? Kata mama, mama iyun cantik banget, kuning, tersenyum, matanya rapat, pipinya mumbul. Kata mama kayak ene', ene' juga cantik. Ene' yang tercantik, yang paling saya sayang, yang sayang banget sama saya, yang manjain saya lebih dari mama. 
Qq kangen ne'... 

Thursday, April 05, 2012

Pic: Lamarannya Indah

Setelah kepending berminggu-minggu karena didera rasa malas berkepanjangan, bad mood berkelanjutan, sampe kebuntuan otak karena foto narsis saya nggak banyak, akhirnya saya akan memposting foto-foto lamarannya Indah, 11 februari kemaren. Nggak semuanya saya upload dong, emangnya saya rajin apa nungguin aplotan poto segitu banyak. Udah gitu nggak ngejamin juga nggak di komplen sama orangnya mengingat saya apal bener kebiasaannya yang merhatiin detail yang seringnya nggak penting. Males aja udah ngabisin kuota buat ngaplot terus di komplen cuman karena dia keliatan tembem, atau karena anglenya nggak pas, atau tangannya kepotong, atau kurang tengah, bla bla bla bla. *pasang ear phone* *denger mp3*
Ini ngeditnya baru tadi malem sambil nemenin kangmas nonton Walking dead + Spartacus. Yang ada kangmas udah ketiduran dengan suksesnya saya masih ngutek-ngutek photoshop. Nggak apa deng, iseng maksimal. Haha.. :D
Kalo males scroll down, bisa klik disini buat liat slide show di flickr saya. 

Ini yang dilamar, narsis beud

Rombongan calon penganten

Moment ini harusnya sakral. *kabur dulu sebelom di gaplok*

"Hopefully your love as pure as your ring"

Segala macem hantaran

Tersenyum lebar karena banyak kue. hwehehehe...

Pasangan yang berbahagia

Akur yak sama mpok ipar :D

Itu aji serem bener sih ekspresinya. Senyum napa.

Biasa deh, eksis gitu. Lagi girang soalnya :D

Maaf kalau narsis, nggak bisa liat kamera nganggur :p 

Seksi repot boleh dunk eksis. Mumpung belum minyakan. Wkwkwkw..

Kami sedang berusaha unyu layaknya abege 

Kangmas biarpun ngantuk harus tetep eksis juga 

Dikasi coklat. Semoga nggak di jampe-jampe. amin. 

Wednesday, April 04, 2012

For you, granny....

This isn't as pretty as you've made.
Simple bundle of jasmine from our yard that you love so much, in a mineral water cup, just like you used to.
Only few blooming jasmine, but i thank God for it. At least, it still blooming.
I put it on pink table at our living room, as usual. 
So you could see it whenever you came home. Hope you like it.
I made it by my self, dedicate to you.
I miss you, granny...


Please let me know if you've seen it from up there..

Monday, April 02, 2012

Phalaenopsis amabilis

Lagi banyak pohon yang berbunga di rumah. *senang* Salah satunya anggrek bulan kesukaannya mama. Mama tuh seneng banget sama anggek. Sering banget beli anggrek. Saya juga pernah ngebeliin mama, langsung di taman anggrek yang di Taman Mini. Banyak banget jenisnya, harganya juga bervariasi. Sampe pusing milihnya. Selain anggrek bulan, mama juga punya anggrek-anggrek yang lain. Ada anggrek merpati, anggrek kalajengking, anggrek yang warnanya ungu yang saya nggak tau namanya, entah anggrek apalagi. 
Tapi masalahnya, anggrek-anggrek itu kalo nggak mati, ya tumbuh besar, akarnya menjalar-jalar, tapi nggak berbunga lagi. Cuman pas di beli doang berbunganya. Padahal udah di semprotin pake pupuk. Yang rajin berbunga cuman si anggrek bulan satu ini aja. Padahal nggak pernah di pupukin, cuman di tempelin aja ke [bekas] pohon pinang. Sejak di beli, seinget saya udah 5 kali berbunga. Rekor deh. Pertama kali berbunga lagi setelah dibeli, nenek saya heboh banget. Ajaib menurutnya. Sampe minta saya buat fotoin, nenek lagi megang anggreknya. Katanya barang bukti, anggreknya berbunga lagi. Fotonya belum ketemu, kalo udah ketemu nanti saya posting. 
Anggrek itu terakhir berbunga bulan juni - juli taun kemarin. Pas lagi mekar, pas lagi cakep-cakepnya, pas mama lagi pengen pamerin waktu nikahan saya, bunganya patah gitu aja. Saya nggak ngerti deh gimana bisa patah, sama ada daunnya juga ikutan patah. Emang sih waktu itu ujan deres banget, tapi pohonan lain nggak kenapa-kenapa. Cuman anggrek bulannya aja. Mungkin di patahin kucing. Etapi sebelumnya kucing nggak pernah matahin bunga. Analisis saya sih, ada yang lewat, terus nggak sengaja matahin. Karena saya nemu patahan daunnya di lantai, sedangkan bunganya ada di selipan pohon dibawahnya, kalo nggak diperhatiin nggak keliatan. Masa' iya kucing atau hujan bisa nyembunyiin patahan bunga. *Ini kenapa malah maen detektif-detektifan*
Mama dan nenek saya sedih. Beneran deh lagi cakep banget. Mana nungguin berbunganya lama, giliran berbunga patah. Patahannya sampe di tanam di pot suplir di teras sama nenek, biar tetep seger. Tapi ya nggak lama layu dan kering juga. Kemarinan ini pas muncul batang bunganya, mama girang banget. Langsung itu di iket pake kawat, di lakban pula, biar nggak patah lagi kayak waktu itu. Niat banget deh... Emang sih, nungguin anggrek berbunga tuh lama. Giliran berbunga, dari muncul batangnya, bulet-bulet bakal bunganya, sampe mekarnya tuh lamaaaa banget. Dan kalo udah mekar, sampe gugur layu semuanya juga lama banget, awet di pohon bisa 3 mingguan lebih. Dahsyat deh emang yang namanya anggrek. Patesan mama suka banget...
Keliatan kan, di pakein kawat, terus di isolasiin, di lakban pulak.
Cakep Banget ya?
Subhanallah... 

BaSis Amades

.... alias Bakso Sosis Saus Asam Manis Pedas.
Yak, makanan dengan nama nggak jelas dan rasa campur aduk ini adalah hasil eksperimen iseng saya nungguin kangmas yang pulangnya lama banget dan saya kelaperan nungguinnya. Mama lagi males masak, saya pun demikian. Tapi mau beli lauk keluar juga malesnya minta ampun, badan saya rasanya ngerentek banget. Efek pms. *pembenaran* Buka kulkas liat bakso. Buka freezer nemu sosis. Di meja makan bertebaran saos tomat sachet dari ayam goreng kentucky-kentucky-an. Tadinya mau bikin bakso sosis saus asam manis, tapi pas lagi nyiapin bumbu tangan gatel banget nambahin cabe dan lada. Oh well.. saus jenis baru deh, asam manis pedas *maksa*
Resepnya pake takaran kira-kira, saya nggak biasa make takaran pakem. Maen cemplung-cemplung dan tabur-tabur. Huehehehe...
Bahan-bahan:
  • 5 buah bakso sapi, iris
  • 5 buah sosis sapi / ayam. Potong 3, iris berbentuk X di salah satu ujungnya, jangan sampai putus
  • Tahu goreng --> ini saya nemu di meja makan, cuman 2 potong. Maka saya cemplungin aja. Nggak pake juga nggak apa :D
  • Minyak goreng
  • Air 3/4 gelas
Bumbu:
  • 3/4 buah bawang bombay ukuran sedang, iris
  • 2 siung bawang merah, iris
  • 2 siung bawang putih, geprek, cincang halus
  • 1 1/2 buah cabe merah keriting, iris serong
  • 4 buah cabe rawit, iris
  • 1 sdm Saus tiram
  • 4 sdm saus tomat -> saya make 2 sachet saus tomat + 1 sachet saus dari take away-nya sevel
  • 1 sdm saus sambal -> saya make 2 sachet saus sambal
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm gula pasir [peres, nggak munjung. kalo kurang manis baru tambahin]
Cara masak:
  1. Panaskan minyak goreng yang banyak, goreng sosis sebentar sampe mekar. Angkat, tiriskan.
  2. Minyak bekas goreng sosis sisakan 2 sdm, tumis bawang bomabay dan bawang merah sampe setengah layu.
  3. Masukin cabe merah, cabe rawit, bawang putih, irisan bakso. Masak sampe bumbu-bumbu matang.
  4. Masukin air, masak sampe mendidih. Kecilkan api.
  5. Masukin saus tomat, saus sambal, saus tiram, lada, gula, dan sedikit aja garam.
  6. Aduk sampai rata, cicipin.
  7. Masukin sosis, masak sampe kuah berkurang dan mengental.
  8. Masukin tahu [kalo make]. Aduk sebentar, jangan sampe tahu hancur.
  9. Angkat, sajikan dengan nasi panas.
Kata kangmas enak banget, nggak nyisa sama sekali. Alhamdulillaah.... Pake nambah nasi pula, padahal kangmas nggak gitu doyan nasi. Cuman kuahnya kurang banyak katanya. Baiklah, lain kali kuahnya dibanyakin. Eksperimen berhasil. Hore.... \(^o^)/