Monday, April 02, 2012

BaSis Amades

.... alias Bakso Sosis Saus Asam Manis Pedas.
Yak, makanan dengan nama nggak jelas dan rasa campur aduk ini adalah hasil eksperimen iseng saya nungguin kangmas yang pulangnya lama banget dan saya kelaperan nungguinnya. Mama lagi males masak, saya pun demikian. Tapi mau beli lauk keluar juga malesnya minta ampun, badan saya rasanya ngerentek banget. Efek pms. *pembenaran* Buka kulkas liat bakso. Buka freezer nemu sosis. Di meja makan bertebaran saos tomat sachet dari ayam goreng kentucky-kentucky-an. Tadinya mau bikin bakso sosis saus asam manis, tapi pas lagi nyiapin bumbu tangan gatel banget nambahin cabe dan lada. Oh well.. saus jenis baru deh, asam manis pedas *maksa*
Resepnya pake takaran kira-kira, saya nggak biasa make takaran pakem. Maen cemplung-cemplung dan tabur-tabur. Huehehehe...
Bahan-bahan:
  • 5 buah bakso sapi, iris
  • 5 buah sosis sapi / ayam. Potong 3, iris berbentuk X di salah satu ujungnya, jangan sampai putus
  • Tahu goreng --> ini saya nemu di meja makan, cuman 2 potong. Maka saya cemplungin aja. Nggak pake juga nggak apa :D
  • Minyak goreng
  • Air 3/4 gelas
Bumbu:
  • 3/4 buah bawang bombay ukuran sedang, iris
  • 2 siung bawang merah, iris
  • 2 siung bawang putih, geprek, cincang halus
  • 1 1/2 buah cabe merah keriting, iris serong
  • 4 buah cabe rawit, iris
  • 1 sdm Saus tiram
  • 4 sdm saus tomat -> saya make 2 sachet saus tomat + 1 sachet saus dari take away-nya sevel
  • 1 sdm saus sambal -> saya make 2 sachet saus sambal
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm gula pasir [peres, nggak munjung. kalo kurang manis baru tambahin]
Cara masak:
  1. Panaskan minyak goreng yang banyak, goreng sosis sebentar sampe mekar. Angkat, tiriskan.
  2. Minyak bekas goreng sosis sisakan 2 sdm, tumis bawang bomabay dan bawang merah sampe setengah layu.
  3. Masukin cabe merah, cabe rawit, bawang putih, irisan bakso. Masak sampe bumbu-bumbu matang.
  4. Masukin air, masak sampe mendidih. Kecilkan api.
  5. Masukin saus tomat, saus sambal, saus tiram, lada, gula, dan sedikit aja garam.
  6. Aduk sampai rata, cicipin.
  7. Masukin sosis, masak sampe kuah berkurang dan mengental.
  8. Masukin tahu [kalo make]. Aduk sebentar, jangan sampe tahu hancur.
  9. Angkat, sajikan dengan nasi panas.
Kata kangmas enak banget, nggak nyisa sama sekali. Alhamdulillaah.... Pake nambah nasi pula, padahal kangmas nggak gitu doyan nasi. Cuman kuahnya kurang banyak katanya. Baiklah, lain kali kuahnya dibanyakin. Eksperimen berhasil. Hore.... \(^o^)/

0 comments:

Post a Comment