Wednesday, February 08, 2012

Nenek, Tukang Piare, Dan Jamu Penganten

Menjelang 100 hari meninggalnya nenek, makin banyak hal indah yang nggak berentinya berseliweran di otak gue dan nggak bisa bikin gue nggak nangis. Minimal ngembeng berusaha nahan nangis. Kangeeen banget sama nenek. Apalagi pas ngeberesin album foto, foto-foto di lepi, dan ngeberesin kamar beliau. Menyadari beliau udah nggak ada buat ngomel-ngomelin gue, nyayangin gue, bantuin gue beberes, nemenin dan ngurusin gue, rasanya terlalu sakit. Yeah... udah segede gini, idah punya suami, gue masih aja di urusin sama nenek, mama dan ii dalam banyak hal, tanda betapa hidup gue penuh cinta dari mereka. . . .
Nenek nggak pernah ngeluh ngurusin gue. Pun untuk hal-hal sepele yang seringnya nggak keliatan sama orang lain. Contohnya menjelang pernikahan gue, juli 2011. Sebagai calon penganten, banyak banget pantangan yang dikasi sama nenek. Nggak boleh makan pedas, asin, goreng-gorengan / mengandung minyak. Supaya nggak keringetan, bugar, dan nggak bau badan. Kalo nggak keringetan kan make up bisa nempel dengan baik, muka juga lebih fresh. Susaahhh banget nurutin itu, bawannya nggak nafsu makan. Tapi mau nggak mau harus makan, biar sehat dan nggak tumbang pas jadi penganten. Untungnya masi boleh minum susu, jadi kalo lagi nggak nafsu, minum susu yang banyak. Percaya atau nggak, gue nggak diet sama sekali menjelang nikah. Berat badan nyusut sendiri, tapi muka nggak kuyu. 
Selain pantangan makanan, minum jamu juga dong. Awalnya nenek cuma ngebeliin jamu kunyit asem di yayuk jamu langganan. Terus suatu waktu, nenek bertandang ke rumah nenek armani. Nenek armani ini orang betawi, dulu beliau tetangga. Tapi kemudian rumahnya di jual terus pindah. Nenek armani ini bilang kalo beliau mau jadi tukang piare gue. Jadi, di dalam adat betawi, setelah lamaran calon penganten akan dipiare sama yang namanya tukang piare. Apa itu tukang piare? Menurut disini,
 Tukang piare merupakan wanita sepuh yang memang telah diyakini ahli dalam merawat kecantikan calon pengantin dan memiliki kekuatan batin khusus. Biasanya ritual perawatan disertai dengan doa-doa tertentu.
Tentang dipiare dan tukang piare bisa dibaca disini dan disini.
Nah.. Karena nenek armani rumahnya lumayan jauh deh, jadi beliau ngasi resep jamu dan bacaan doa yang harus dibaca sebelum minum jamu tsb. Bacaannya apa gue nggak inget, panjang bangeet, dan kayaknya udah disimpen lagi sama nenek. Nenek nggak maksa gue buat minum, tapi beliau ngerayu gue dengan bilang, enak kok, nggak pait. Dan ternyata, ramuannya cuman kayu secang yang direbus, terus dikasi buah kelengkeng. Sesimpel ituh. Believe me, rasanya rebusannya tawar. Dan hebatnya, nenek gue nggak minta siapapun buat bikinin ramuan ituh. Beliau pergi ke pasar sendiri, beli kayu secang dan buah kelengkeng. Setiap hari, beliau sendiri yang ngeracik. Ngerebus, bahkan ngupas buah kelengkengnya. Kalo udah selesai bahan-bahannya disimpen sendiri. Gue? Tinggal minum aja gitu. Nggak tau diri banget yak?
Beberapa hari menjelang di timung, gue bilang sama mama kalo gue juga mau minum jamu penganten. Nah si mama nggak sempet-sempet, jadilah gue minum jamu penganten nggak nyampe seminggu. Pas denger gue mau minum jamu penganten, nenek nanya sama gue, beneran mau minum? Pait banget soalnya rasanya. Kalo nggak mau minum juga nggak apa-apa. Nenek nggak nyuruh, nggak maksa, karena tau jamunya pait banget dan gue nggak doyan pait. Gue siy pada dasarnya mau-mau aja, sekali seumur hidup gitu. Lagian gue juga pengen cantik dan manglingi pas jadi penganten, jadi pantangan apapun, minuman apapun, harus di jalanin. Karena kita nggak tau siapa yang bisa bikin jamu penganten, maka mama beli jamu penganten di pasar senen, di tempat ibunya tante dwi jualan. Kata mama jamu pengantennya bagus. Percaya aja deh, nggak ngerti yang gitu-gituan. Pas nyampe dirumah, glodak. Keringnya aja udah banyak banget, apalagi pas di rebus? Jadi di jualnya perplastik gitu, ukuran +/- 30x15 cm, plus buah pinang. Buah pinangnya harus fresh, nggak bisa yang kering.
Mama adalah orang paling sibuk sedunia, apalagi menjelang nikahan gue banyak banget yang harus di urus sama mama sendiri, jadi urusan perjamuan secara otomatis yang ngurus nenek. Beliau dengan telaten ngebagi 2 rempah keringnya, nggak langsung direbus semua karena pancinya nggak muat, terus ngerebusin ramuannya. Setelah mateng, nenek ngebawa sepanci-pancinya ke kamar gue. Di satu sudut kamar, beliau taruh pancinya. Pancinya dialasin semacam kardus dan tatakan besi biar nggak langsung kena ubin. Terus beliau naruh nampan plastik yang isinya gelas kaleng, saringan teh, tutup gelas, gelas kosong beserta tutupnya. Jadi kalo gue mau minum, dari panci langsung dituang ke gelas kosong, tapi ditaroin saringan jadi rempah-rempahnya nggak kebawa. Setelah diminum, gelasnya ditutup. Rempah yang kesngkut dibalikin lagi ke panci, saringan ditaruh di atas gelas  kaleng supaya nggak netes, terus di tutup. Kata nenek gelasnya nggak boleh di cuci sampe jadi penganten, harus make gelas yang sama setiap kali minum. Setiap pagi dan sore, rebusannya dikeluarin, dipanasin, ditambah air dan sisa rempah kering, ditaruh lagi di kamar gue. Yang ngerjain semuanya adalah nenek gue, beliau nggak minta seorang pun buat ngebantuin ataupun menyentuh panci tersebut. Semua rutin dilakuin sampe hari menjelang pernikahan gue.  Pun ketika gue bertanya, kenapa di pegangan panci ada benang kasur terlilit dan masuk ke dalam rebusan. Beliau cuma bilang jangan diangkat, biarin aja. Setelah menikah, nenek baru bilang kalo benang tersebut buat mengikat cincin emas nenek yang ikut di rebus. Tujuannya? Supaya si pengantem cerah dan bersinar layaknya emas. Setiap pagi dan sore, beliau rutin ngingetin buat minum jamu. Kalo gue males-malesan, beliau cerita, kalo orang jaman dulu 3 bulan sebelum jadi penganten udah minum jamu, 1 bulan sebelum menikah minum jamu udah kayak minum air putih, dan sesedikit mungkin minum air putih. Hiyaahh... ngebayanginnya aja gue nggak sanggup. 
Selaen rebusan secang-lengkeng dan jamu penganten yang ternyata paitnya naudzubillah dan warnanya kehitaman, setiap pagi nenek masi ngebeliin kunyit asem, dan air gula jahe segelas besaar. Waktu pertama gue minum jamu penganten, abisannya gue makan gula. Pait beud.. Lebih pait dari jamu daun pepaya. Besoknya abis minum jamu penganten, gue minum rebusan gula-jahe. Rasa paitnya jadi mendingan, dan perut juga anget nggak enek. Maka nenek rutin ngebeliin itu setiap hari. Dipagi hari menjelang akad, beliau juga sempat merebuskan 2 butir telur untuk sarapan gue. Cuma telur rebus dan nasi putih. Dan dua sendok makan madu, yang beliau suapkan langsung ke gue, biar kuat dan nggak lemes. Bayangkan, suapkan langsung. Betapa sayangnya nenek ke gue. Syukur alhamdulillah, gue nggak lemes dan nggak ngerasa capek banget. Cuma agak pusing pas make baju betawi karena naro pandannya kurang pas.
Kalo inget itu, air mata rasanya nggak berenti netes. Beliau ngelakuinnya tampa pamrih, tanpa merepotkan siapapun kecuali dirinya sendiri. Jadi bisa dibilang, tukang piare gue adalah nenek. Dan nggak cuma gue, setiap kangmas kerumah menjelang nikah, nenek juga selalu ngebuatin ramuan secang-kelengkeng dan jamu penganten buat kangmas. Katanya biar sedikit tetep harus dipiare. Dan hasilnya, alhamdulillah banyak yang bilang kangmas ganteng banget waktu jadi penganten. Nggak satu-dua orang yang alhamdulillah bilang gue cantik banget dan manglingi. Bahkan teman-temen pengajian nenek bilang gue kayak barbie pas make baju belande *blushing* 
Setelah pernikahan, beberapa kali setelah pulang ngaji beliau selalu menceritakan pujian teman-teman beliau tentang betapa cantik dan manglinginya gue, dengan matanya yang berkaca-kaca dan wajah menahan tangis, walau air matanya tak jarang jatuh juga. Air mata bahagia dan bangga gue yakin. Beliau juga bercerita, teman-teman beliau selalu bertanya ingin tahu dan penasaran, ramuan apa, doa serta bacaan apa yang beliau gunakan ketika "miare" gue, karena mereka juga ingin anak-cucu mereka manglingi juga layaknya gue ketika menikah kelak. Dan beliau cuman tersenyum, bilang nggak make yang macem-macem, yang biasa aja kayak orang-orang. Memang beliau cuma ngasi gue pantangan makan yang nggak berlebihan, ngasi gue minum jamu penganten biasa, cuma kunyit asem, cuma secang-kelengkeng, hal-hal umum dimana semua orang bisa mendapatkannya. Tapi faktor ketelatenan, kasih sayang, dan doa tulus yang gue yakin seyakin-yakinnya selalu di ucapkan oleh nenek, membuat hasilnya outstanding.
Semoga nenek bahagia disana.....
Rebusan di toples kecil, belum dimasukin buah kelengkeng

Rupa-rupa jamu penganten. Hasil rebusan yang digelas nggak ada fotonya

0 comments:

Post a Comment