Sunday, January 22, 2012

Stitching Things

Semalem abis ngejait kancing bajunya kangmas yang pada lepas. Terus ngejaitin celana yang sobek-sobek. Dan gue nangis lagi.. :'(
Inget sama nenek....
Gue adalah pemalas sejati. Kalo ada baju rumah gue yang sobek atau lepas jaitannya, selama masih bisa dipake ya gue pake. Palingan sobeknya dikit doang. Dan nenek selalu tau, karena nenek yang sering ngebolak balik cucian dan nggak jarang ngelipetin juga kalo udah kering dan gue belum sempet ngelipetin. Waktu bajunya gue pake lagi tapi belum gue jait, beliau pasti ngingetin gue buat ngejait dulu. Tapi dasarnya pemalas dan pelupa, jadilah nggak inget-inget. Sampai suatu waktu guea gue luphkan kadang ngeh, baju yang sobek ituh udah di jait dengan rapi dan nggak sobek lagi. Setelah gue perhatiin, jaitannya adalah jaitan nenek, bukan nyokap. Kalo nyokap ngejait jauh lebih rapi dan make jenis tusukan rantai. Kalo nenek jahitannya kecil-kecil dan make tusukan jelujur. Beliau nggak pernah ribut bolak balik nyuruhin ngejait. Beliau juga nggak bilang-bilang kalo udah ngejahitin. Bahkan kadang gue cuman cengengesan dan lupa bilang terima kasih. *Nangis kejer dibalik bantal*
Kalo gue perhatiin, nenek ngejahit disela-sela waktu senggangnya. Kadang sambil nunggu azan, abis ngaji, atau kapan aja beliau kepingin dan sempet. Beliau biasanya ngejahit waktu siang dan masih ada matahari. Tempat favorit buat ngejait ya di teras depan. Katanya kalo siang pake matahari aja, nggak perlu lampu, jadin hemat bayar listrik. Pemikiran yang simpel kan?
Sampai tutup usia, seinget gue nenek nggak pernah minta tolong anak-cucunya untuk ngejaitin baju-bajunya yang sobek, atau lepas jahitan, lepas kancing, atau apalah. Yang ada nenek yang ngejaitin baju-baju atau kancing kami tanpa pamrih. Beliau nggak pernah mau ngerepotin dan nyusahin, apa yang bisa dikerjain sendiri ya dikerjain sendiri. Paling banter nenek minta pasangin benang ke jarum. Nenek juga kalo ngejait nggak pernah make kacamata kayak nenek-nenek pada umumnya. Matanya alhamduliillah masih awas. Gue yang umur segini aja kalah. Hebatkan nenek gue?
Beberapa hari yang lalu ii cerita, adek gue tiba-tiba make kaosnya yang udah belel dan melar banget banget, bahkan lengannya udah sobek. Tapi setelah diperhatiin lagi, lengannya ternyata udah nggak sobek lagi, nenek yang  ngejaitin. Ii berkesimpulan kalo nenek ngejait sambil-sambilan nemenin ii nyuci diatas, atau sambil- nemenin ii nyetrika. Maka, Ii nangis lagi, gue nahan-nahan nangis.
Satu cerita lagi....
Waktu gue masuk pondok, nenek ngebekalin gue dengan sebuah kain sarung jaman dulu, warna ungu. Karena sering gue pake dan iket-iket kalo mau tidur, sobek lah kain itu sedikit. Gue males ngejaitnya. Biasa, males, dan nggak ngerti gimana ngejaitnya biar tetep keliatan rapi. Jadi gue diemin aja. Setelah gue di rumah, kain sarungpun berubah fungsi dan sering terlupakan, kadang jadi tatakan setrikaan. Suatu waktu gue mau make, eh ternyata udah dijaitin aja sama nenek. Rapi banget, nggak bakal ngeh kalo nggak diperhatiin banget bahwasanya sarungnya pernah sobek. Sekarang tiap liat sarung itu bawaannya kangeen terus sama nenek. Sarungnya sekarang gue simpen, mau gue pake waktu ngelahirin nanti. (semoga abis ini gue hamil). Nggak boleh lagi ada yang make tuh sarung selaen gue...

Sarung yang dijaitin nenek

Nggak akan pernah habis cerita tentang nenek. Nggak akan terlupakan. Semoga nanti ketika gue tua, gue juga nggak ngerepotin anak-cucu gue, kayak nenek. Semoga ketika tua, gue masih bisa bermanfaat bagi orang lain, seperti nenek gue. Dan semoga nenek selalu dirahmati Allah. Aamin Yaa Robbal 'Aalamiin..

0 comments:

Post a Comment