Saturday, February 04, 2012

Nasi Gila Ala Chef QQ

Piringnya belepotan karena bakasonya nggelundung
Setelah gugling sana sini dan penasaran banget sama nasi gila {karena kayaknya kangmas doyan banget, sejak pertama kali makan di sabang}, akhirnya kesampean masak sendiri juga. Nasi gila beda loh ya sama nasi goreng gila. Kalo nasi goreng gila kan nasi goreng yang campurannya banyak banget dan macem-macem, makanya disebut nasi goreng gila. Kalo nasi gila sebenernya nasi putih biasa yang disiramin lauk yang macem-macem. Singkat cerita, setelah iseng bikin, masukin apa segala macem dengan takaran seenaknya dan ingredients suka-suka gue, jadilah nasi gila tersebut. Alhamdulillah, kangmas doyan banget, makannya ampe nambah. Dan lauk gila yang semestinya bisa buat 3-4 orang, abis aja gitu sama kita berdua. Gimana nggak mau tambah maju nih perut. Hahahaha... :D
Dan gue lagi agak kurang kerjaan, jadi mau bagi-bagi resepnyah. Takarannya kira-kira alias make perasan, jadi icip-icip aja, boleh di tambah ato kurang sesuai selera.

Bahan-bahan:
  • Nasi Putih
  • Sosis 4 buah, potong-potong
  • Bakso 8 buah, iris 4 bagian {Kalo mau tambah bakso ikan dll juga boleh}
  • Telur ayam 2 butir, kocok dengan sedikit garam dan lada
  • 1 potong dada ayam, rebus sampai matang, suwir-suwir. {Nggak pake juga nggak apa}
  • Sawi Hijau / Caisim secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu-Bumbu:
  • 1 siung bawang putih, geprek, cincang halus
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
  • 1 buah cabai merah besar, iris serong
  • 4 buah cabai rawit, cincang kasar {kalo nggak suka pedas boleh nggak pake}
  • 1 sdt garam 
  • 1 sdt Lada {boleh ditambah kalo suka pedas}
  • 1-2 sdm kecap manis 
  • 1 sdm kecap asin
  • 1-2 sdm saus Tiram 
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdt Minyak Wijen {sebagai aroma, boleh nggak di pakai}
  • 1 gelas air
Pelengkap:
  • Bawang Goreng
  • Kerupuk
Cara bikinnya:
  1. Panaskan minyak, buat orak-arik telur. Sisihkan.
  2. Tambah sedikit minyak, tumis bawang bombay sampai setengah layu.
  3. Masukkan bawang putih dan irisan cabai, masak sampai harum.
  4. Masukkan sosis, bakso, ayam, dan telur.
  5. Tuang air dan masukkan lada, kecap manis, kecap asin, saus tiram, minyak wijen.
  6. Cicipi, kalau kurang asin, tambahkan garam secukupnya.
  7. Masak dengan api sedang sampai kuah mengental.
  8. Masukkan sawi hijau / caisim, besarkan api. 
  9. Aduk-aduk sebentar sampai sawi agak layu.
  10. Angkat.
Cara Menyajikan:
  • Taruh nasi putih di piring
  • Siramkan dengan Lauk gila.
  • Taburi bawang goreng
  • Sajikan dengan kerupuk
Gampang banget, dan enaak... Selamat menikmati....

Note:
Kapan gitu, sempet juga ditambahin sejenis tahu sumedang/pong yang di potong-potong. Nyumm... Enak juga. 

0 comments:

Post a Comment