Tuesday, January 17, 2012

Bitterballen Makaroni

Ngantuk bangettt.... Tadi pagi abis bikinin bekal buat kangmas ganteng. Dia (dan gue) udah lama banget kepengen makan makaroni panggang. Mau bikin nggak punya oven. Mau beli, yang rasanya pas susah banget. Akhirnya berkeputusan. bikin bola makaroni goreng aja. Waktu itu nemu resepnya di buku resep primarasa, langsung dicobain deh. Mirip-mirip lah sama makaroni panggang, lumayan ngilangin pengen. Tadi mau bikin lagi, tapi bukunya entah dimana gara-gara kamar di obrak abrik. Bongkar-bongkar kliping warta klub Nova, nemu resep bitterballen makaroni. Mirip-mirip lah sama bola-bola makaroni resepnya primarasa ituh. Setelah mateng, kok penampakannya malah kayak perkedel yang kegedean ya? Secara nggak bisa bulet banget terus minyaknya agak kepanasan. Nggak mirip sama foto yang di resepnya deh. Tapi kata kangmas enak banget. Hehehe.... ;p
Kalo ada yang mau nyoba, inih ada resepnya. Ala Klub Nova :)



Bahan:
  • 2 sdm margarin
  • 3 sdm tepung terigu protein sedang
  • 250 ml susu cair
  • 1 sdm seledri cincang (kalo gue tadi kayaknya lebih, nggak apa kok)
  • 3 lbr daging asap, iris bentuk dadu (tadi make kornet & tumis daging cincang)
  • 1 sdt garam (secukupnya aja, dirasain dulu. Karena nanti dipakein keju)
  • 1/4 sdt merica (sesuai selera aja. Tadi kangmas bilang ladanya nggak berasa, berarti besok-besok harus dilebihin :)
  • 1/4 sdt pala
  • 1 sdt gula pasir
  • 150 gr makaroni, rebus, tiriskan
  • 75 gr keju cheddar, potong dadu kecil
Bahan Pencelup:
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 150 gr tepung panir kasar warna orange (tadi gue makenya tepung panir putih, merk mama suka. Abis adanya itu. Heheh...:)
  • Minyak untuk menggoreng
Cara bikinnya:
  1. Panaskan margarin, tambahin tepung terigu, aduk cepat sampai berbutir
  2. Tuangi susu sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Tambahkan seledri, daging asap/kornet, garam, gula, merica, dan pala. Aduk rata.
  3. Masukkan makaroni, aduk sampai bergumpal. Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi sama keju cheddar, bentuk bulat.
  4. Gulingin ke tepung panir kasar, celup ke telur, gulingin lagi ke tepung panir.
  5. Goreng dalam minyak yang udah dipanaskan sampai matang.
Tulisannya siy untuk 8 orang, tapi tergantung ukuran perut dan gede kecil bulatannya juga kali ya. Kalo gue, karena nggak sabaran, buletannya gede kecil dan nggak mulus. Keliatannya malah kayak perkedel. Xixixixi...

Selamat Mencoba :)

0 comments:

Post a Comment